FAJRIN, NURUL NIKMATUL (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN TREECHART PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II SLB YPKS BAJENG KABUPATEN GOWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
JURNAL NURUL NIKMATUL FAJRIN 1645040015.pdf Download (820kB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB YPKS BAJENG Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan Treechart pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa sebelum diberi intervensi (Baseline 1/ A1), 2) kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa saat diberi intervensi melalui Treechart (Intervensi/ B), 3) kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa setelah diberi intervensi melalui Treechart (Baseline 2/ A2), 4) kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (baseline 1/ A1), saat diberi intervensi (B), dan setelah diberi intervensi (baseline 2/A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS BAJENG Kabupaten Gowa yang berinisial MA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik melalui penerapan Treechart di SLB YPKS BAJENG Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini, data-data yang diperoleh sejak awal hingga akhir diolah menggunakan analisis kuantitatif dengan mengkonversikan skor ke nilai untuk menjawab kesimpulan tentang gambaran peningkatan kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS BAJENG Kabupaten Gowa sebelum dan sesudah penerapan Treechart menggunakan standar kategori kemampuan murid. Dalam artian, terlihat bahwa penerapan Treechart memberi kontribusi positif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS BAJENG Kabupaten Gowa. Kata kunci: metode VAKT, kemampuan menulis permulaan, cerebral palsy tipe spastik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 03 Feb 2021 06:23 |
Last Modified: | 03 Feb 2021 06:23 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18993 |
Actions (login required)
View Item |