Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Ubi Kayu di Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gow

Cahyani, Pertiwi (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Usahatani Ubi Kayu di Kecamatan Pattalassang, Kabupaten Gow. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
10. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN USAHATANI UBI KAYU DI KECAMATAN PATTALASSANG KABUPATEN GOWA (SKRIPSI CAHYANI PERTIWI, 2019)-ok_compressed.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang berpengaruh terhadap pendapatan usahatani ubi kayu di Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Data populasi berasal dari data cross-section pada tahun 2015, dengan menggunakan Simple Random Sampling untuk ukuran sampel yang digunakan, dimana sampel responden sebanyak 85 jiwa yang dari Desa Paccelekkang Kecamatan Pattalassang Kabupaten Gowa. Data diperoleh melalui penelitian lapangan lalu di analisis menggunakan fungsi keuntungan CobbDouglass serta uji F dan uji t. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa rata-rata pendapatan yang diperoleh petani ubi kayu di Kecamatan Pattallassang Kabupaten Gowa, yaitu sebesar Rp 60.989.000/MT dari luas lahan rata-rata, yaitu 3 Ha, sedangkan untuk luas lahan 1 Ha petani ubi kayu bisa memperoleh rata-rata pendapatan sebesar Rp 10.844.500/MT. Faktor yang berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pendapatan usahatani ubi kayu adalah harga pupuk NPK, harga pestisida dan tanggungan keluarga.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > EKONOMI PEMBANGUNAN - (S1)
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 26 Mar 2021 06:00
Last Modified: 26 Mar 2021 06:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18989

Actions (login required)

View Item View Item