PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 157 TENRI PAKKUA KECAMATAN LAPPARIAJA KABUPATEN BONE

Asrul, Asrul (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN 157 TENRI PAKKUA KECAMATAN LAPPARIAJA KABUPATEN BONE. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Skripsi Asrul Pdf.pdf

Download (800kB)

Abstract

Jenis penelitian adalah metode penelitian Eksperimen menggunakan PreEksperimental (Pra-Eksperimental). Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh media pembelajaran visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 157 Tenri Pakkua Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone. Variabel dalam penelitian ini yaitu, variabel bebas : media pembelajaran visual dan variabel terikat : hasil belajar IPS. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SDN 157 Tenri Pakkua Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone berjumlah 20 siswa. Sampel dalam penelitian berjumlah 20 siswa. Data penelitian diperoleh melalui tes (pretest dan post-test). Teknik analisis data adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaru media pembelajaran visual terhadap hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN 157 Tenri Pakkua Kecamatan Lappariaja Kabupaten Bone karena thitung ≥ ttabel yaitu thitung sebesar 13.270 dan ttabel sebesar 1.72913. Kata Kunci: Media Pembelajaran Visual, Hasil Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:51
Last Modified: 02 Feb 2021 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18976

Actions (login required)

View Item View Item