PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN ALJABAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS

KASMIRAH, KASMIRAH (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA POKOK BAHASAN ALJABAR UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII MTS. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL KASMIRAH.pdf

Download (207kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan aljabar yang valid, praktis, dan efektif untuk peserta didik kelas VII MTS berdasarkan kurikulum 2013 yang diujicobakan pada siswa kelas VII MTs YMPI Rappang tahun Pelajaran 2020/2021. Proses pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan yang diadaptasi dari Tiagarajan, yang dikenal dengan model 4-D (four D models) dengan urutan tahapan pengembangan yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria: (1) valid menurut penilaian ahli secara rasional teoretik yang kuat dan memiliki konsistensi internal, yakni terjadi saling keterkaitan antar komponen dalam perangkat, (2) Praktis, yakni keterlaksanaan perangkat pembelajaram termasuk dalam kategori terlaksana keseluruhan, (3) Efektif, Perangkat pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi 3 kriteria keefektifan, yaitu: (1) ketercapaian hasil belajar yaitu 80% peserta didik mencapai penguasaan bahan ajar minimal 70% (mencapai skor minimal 75 untuk rentang 0 – 100), (2) aktivitas peserta didik selama kegiatan belajar memenuhi kriteria aktivitas tinggi, (3) lebih dari 50% peserta didik memberikan respon positif terhadap penerapan pembelajaran melalui pendekatan saintifik yang meliputi respon terhadap proses pembelajaran, buku peserta didik dan LKPD. Kata Kunci : Perangkat Pembelajaran berbasis masalah, saintifik, valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Feb 2021 07:24
Last Modified: 01 Feb 2021 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18959

Actions (login required)

View Item View Item