PELAKSANAAN WAWASAN KEBANGSAAN DI KALANGAN PESERTA DIDIK (STUDI DI SATUAN PENDIDIKAN SMA NEGERI 10 MAKASSAR)

ANUGRAH, ISMAYATI (2020) PELAKSANAAN WAWASAN KEBANGSAAN DI KALANGAN PESERTA DIDIK (STUDI DI SATUAN PENDIDIKAN SMA NEGERI 10 MAKASSAR). S1 thesis, UNIVERSITAN NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL.pdf

Download (330kB)

Abstract

Ismayati Anugrah. 2020. “Wawasan kebangsaan di Kalngan Peseerta Didik (Studi di Satuan Pendidikan SMAN 10 Makassar)”. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Jurusan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan.Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Bapak Imam Suyitno dan Mustari. 89 Halaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Tingkat atau derajat wawasan kebangsaan di kalangan peserta didik SMA Negeri 10 Makassar, (2) Proses integrasi wawasan kebangsaan ke dalam kegiatan pembelajaran di SMA Negeri 10 Makassar, dan (3) Kendala yang ditemukan dalam proses integrasi wawasan kebangsaan di SMA Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini yaitu menggabungkan penelitian kualitatif dengan kuantitatif (mix method), menggunakan pendekatan deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data meliputi: Angket, Wawancara dan Dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian diolah dengan menggunakan analisis presentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (i) Tingkat wawasan kebangsaan di kalangan peserta didik SMA Negeri 10 Makassar rata-rata berada pada derajat “baik”. (ii). Integrasi wawasan kebangsaan diinternalisasikan kedalam kebijakan program sekolah baik berupa : penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di awal pembelajaran dan lagu Syukur di akhir jam pelajaran di sekolah, peringatan upacara bendera setiap hari Senin, dan peringatan upacara hari-hari besar nasional. (iii) Kendala integrasi wawasan kebangsaan masih dijumpai baik dalam hak penerapan kebijakan sekolah di satuan pendidikan SMA Negeri 10 Makassar seperti : pengggunaan bahasa ibu/daerah yang masih kuat, kelompok pertemanan yang belum terbuka. Sedangkan kendala dalam kegiatan pembelajaran di kelas oleh guru mata pelajaran PPKn seperti : ketelitian yang tinggi dalam memilih bahan ajar, pemilihan strategi penyampaian materi yang tepat, dan pemilihan metode yang tepat.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Feb 2021 06:02
Last Modified: 01 Feb 2021 06:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18951

Actions (login required)

View Item View Item