PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP

BULAN, SAHRI (2021) PENGEMBANGAN ASESMEN BERBASIS PROYEK DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL.pdf

Download (207kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan asesmen berbasis proyek dalam pembelajaran bilangan berpangkat untuk peserta didik kelas IX SMP yang valid, praktis dan efektif. Asesmen berbasis proyek yang dimaksud adalah merupakan kegiatan penilaian terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode/waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan data, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian produk. Asesmen berbasis proyek secara akurat mencerminkan dan mengukur proses dan hasil belajar yang dapat menilai aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan peserta didik. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development) yang mengembangkan asesmen berbasis proyek pada materi bilangan berpangkat untuk peserta didik SMP. Penelitian ini dilaksanakan pada peserta didik kelas IX SMP, Kabupaten Sidenreng Rappang semester ganjil 2020-2021. Tahap pengembangan yang dipilih yaitu tahap pengembangan Thaigarajan (1974) yang telah dimodifikasi yang meliputi empat tahap pengembangan yaitu; (1) studi pendahuluan, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4) penyebaran. Hasil-hasil yang diperoleh yaitu; (1) asesmen berbasis proyek ini valid secara rasional berdasarkan penilaian dua pakar dan berada pada kategori sangat valid berdasarkan hasil uji coba dengan validitas aigen > 0,8 (2) asesmen berbasis proyek ini praktis berdasarkan hasil uji coba diperoleh dari hasil pengamatan observer keterlaksanaan asesmen proyek yang berada pada kategori terlaksana seluruhnya dengan nilai keterlaksanaan 3,85 (T3,5) (3) asesmen berbasis proyek ini efektif berdasarkan hasil belajar peserta didik yang 80% berada pada kriteria tuntas dan 100% respon guru positif terhadap perangkat asesmen berbasis proyek. Kata Kunci : Pengembangan Asessmen, Berbasis Proyek, Valid, praktis, efektif

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > MATEMATIKA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 01 Feb 2021 05:43
Last Modified: 01 Feb 2021 06:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18948

Actions (login required)

View Item View Item