Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Bugis/Makassar) yang Berorientasi pada Literasi Baru

Daeng, Kembong (2019) Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah (Bugis/Makassar) yang Berorientasi pada Literasi Baru. In: Seminar Nasional Bahasa, Seni, dan Desain di Era Revolusi Industri 4.0, 3-6 September 2019, Gorontalo, Indonesia.

[img] Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Artikel Prosiding Seminar Nasional - Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan....pdf - Published Version

Download (5MB)
[img] Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional - Revitalisasi Kurikulum Program Studi Pendidikan....pdf - Published Version

Download (594kB)
Official URL: http://fsb.ung.ac.id/page/show/2/prosiding

Abstract

Bahasa, Sastra, dan budaya Bugis/Makassar merupakan salah satu unsur kebudayaan nasional yang harus dijaga, dilestarikan, dan dikembangkan agardapat tumbuh dan berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan industri yang semakin pesat. Salah satu upaya yang dilakukan Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah UNM menghadapi era industri 4.0 adalah merevitalisasi kurikulum yang berorientasi pada literasi baru. Revitalisasis Kurikulum Prodi Bahasa Daerah berbasis KKNI disesuaikan dengan visi dan misi prodi, profil lulusan, capaian pembelajaran (CP), CPL, bahan kajian, dan perangkat pembelajaran lainnya yang mendukung terselenggaranya pembelajaran inovatif yang berorientasi pada literasi baru. Penetapan mata kuliah dalam rangka merekonstruksi atau mengembangkan kurikulum baru dapat dilakukan dengan menggunakan pola matriks yang sama dan diisi sesuai dengan bidang keilmuan program studi. Keilmuan program studi ini dapat diklasifikasi ke dalam kelompok bidang kajian atau menurut cabang ilmu/keahlian yang secara sederhana dapat dibagi ke dalam beberapa bidang ilmu, misalnya inti keilmuan prodi, IPTEK pendukung atau penunjang, dan IPTEK yang diunggulkan sebagai ciri program studi sendiri. Dengan demikian, Kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Daerah UNM memiliki ciri dan karakteristik tersendiri yaitu menghasilkan alumni yang siap menjadi guru, peneliti, dan tenaga ahli dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Bugis dan Makassar yang unggul dan menguasai literasi baru dalam dunia pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: revitalisasi kurikulum, prodi bahasa dan sastra daerah, literasi baru
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 30 Jan 2021 15:45
Last Modified: 30 Jan 2021 15:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18943

Actions (login required)

View Item View Item