Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar

Syamsiah D., Syamsiah D. and Faisal, Muh. (2017) Pengaruh Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
prosiding penelitian.pdf

Download (386kB)
[img] Text
peer reviewer penelitian.pdf

Download (890kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit

Abstract

Abstrak Penelitian ini menelaah tentang pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar bahasa Indonesia adapun Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui gambaran penggunaan metode PQ4R pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar bahasa Indonesia sebelum dan setelah menggunakan metode PQ4R. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh metode PQ4R terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan menggunakan desain pre-experimental dalam bentuk one-group pretest-posttest design. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel yakni 29 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan inferensial dengan melakukan pengujian hipotesis menggunakan pengujian t-test yakni dengan jenis paired sample t-test melalui bantuan SPSS. Pada analisis deskriptif, hasil belajar siswa menggunakan tes hasil belajar sebelum (pretest) tergolong sangat kurang dengan rata-rata sebesar 46,72 dan setelah pembelajaran (posttest) dengan menggunakan metode PQ4R tergolong cukup dengan rata-rata sebesar 67,41. Pada analisis inferensial, hasil uji paired sample t-test dengan menggunakan bantuan SPSS menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000, yang berarti 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat menjawab hipotesis yaitu H0 ditolak yang berarti penggunaan metode PQ4R berpengaruh terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri Lariang Bangi 1 Kota Makassar.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: maksimum 5 kata kunci, pisahkan dangan tanda koma
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 29 Jan 2021 08:41
Last Modified: 20 Feb 2021 09:49
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18932

Actions (login required)

View Item View Item