Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar

Syamsiah D., Syamsiah D. and Riangtati, Andi Dewi and Usman, Hikmawati (2020) Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10 (1). pp. 65-72. ISSN 2088-2092, 2548-6721

[img] Text
jurnal publikan.pdf

Download (640kB)
[img] Text
peer reviewer jurnal publikan.pdf

Download (932kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/pubpend

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan membaca, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis dapat dilihat dari siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, dan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan siklus II sudah tercapai ketuntasan secara klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan pemanfaatan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Gunung Sari II Makassar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Big Book, kemampuan membaca
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 29 Jan 2021 07:59
Last Modified: 20 Feb 2021 09:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18930

Actions (login required)

View Item View Item