ESENSI DAN APLIKASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR

Nasaruddin, Nasaruddin (2018) ESENSI DAN APLIKASI KETERAMPILAN PEMBELAJARAN IPA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Wadah Komunikasi, 11 (1). pp. 65-74. ISSN 1979-5017

[img] Text
jurnal wadah komunikasi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
peer reviewer wadah komunikasi.pdf

Download (576kB)

Abstract

Abstrak Pendidjkan dimaknai sebagai proses mereproduki serta mengelaborasi sistim nilai dan budaya ke arah yang lebih baik, antara lain dalam hal pembentukan wawasan, keyakinan. kepribadian, ketempilan dan kematangan peserta didik. Bagaimana pula pandangan anda bahwa lembaga formal proses reproduksi sistim nilai dan budaya ini dilakukan terutama dengan mediasi proses belajar mengajar sejumlah mata pelajaran dalam kelas. Sejatinya, melalui pembelajaran dan pengembangan potensi diri pada pembelajaran IPA siswa akan memperoleh bekal pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang diperlukan untuk memahami dan menyesuaikan diri terhadap fenomena dan perubahan-perubahan dilingkungan sekitar dirinya, disamping memenuhi keperluan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Pembelajaran dan pengembangan potensi ini merupakan salah satu kunci keberhasilan peningkatan kompetensi sumber daya manusia dalam memasuki dunia teknologi, termasuk teknologi informasi pada era globalisasi. Meskipun demikian, pencermatan terhadap realitas di lapangan; pada mayoritas waktu dan tempat, pembelajaran IPA di sekolah dasar masih menunjukkan sejumlah kelemahan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: esensi dan aplikasi pembelajaran IPA
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 28 Jan 2021 08:57
Last Modified: 28 Jan 2021 08:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18924

Actions (login required)

View Item View Item