Media Online Shop Dan Gaya Hidup Mahasiswa

Hidayanti, Suci Muthia (2014) Media Online Shop Dan Gaya Hidup Mahasiswa. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Suci Muthia Hidayanti, 2015.doc

Download (28kB)

ABSTRAK Suci Muthia Hidayanti, 2015. Media Online Shop Dan Gaya Hidup Mahasiswa(Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar). Skripsi. Dibimbing oleh Idham Irwansyah dan Muhammad Syukur. Program Studi Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media online shop bagi gaya hidup mahasiswa dan dampak yang ditimbulkan media online shop bagi gaya hidup mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Jenis penelitian ini penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan pemilihan informan penelitian menggunakan teknik purposive sampling (secara sengaja) sebanyak 20 orang dengan menentukan kriteria yaitu 1) Mahasiswa yang terdaftar dan masih aktif dalam perkuliahan minimal semester 2 (Dua), 2) Mahasiswa yang berasal dari dalam dan luar kota Makassar, 3) Mahasiswa yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan, 4) Mahasiswa yang berbelanja Media Online Shop minimal 3 kali, 5) Mahasiswa Menggeluti Media Online Shop minimal 2 tahun. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi yang digunakan untuk memperoleh data secara konkret yang berkaitan dengan permasalahan penelitian ini. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) pengaruh media online shop bagi mahasiswa Fakultas Ekonomi, meliputi penggunaan internet yang berlebihan (keseringan), mahasiswa mengikuti style yang ditampilkan model-model pakaian/fashion yang lagi trend pada media online shop, konsumsi mahasiswa yang berlebihan untuk berbelanja melalui media online shop, mahasiswa lebih mendahulukan atau mementingkan keinginan daripada kebutuhan dan pengaruhnya lebih dominan kepada mahasiswa yang berasal dari luar kota atau dari daerah daripada mahasiswa yang memang berdomisili didalam kota Makassar dan 2) Dampak media online shop bagi gaya hidup mahasiswa nampak pada dampak sosialnya, meliputi meningkatnya percaya diri mahasiswa dan dapat menunjukkan eksistensi dirinya dengan penggunaan barang yang diperolehnya dari media online shop serta semakin banyaknya teman yang ditemui melalui media online shop. Sedangkan dampak media online shop bagi gaya hidup mahasiswa dari segi dampak ekonomi meliputi pengeluaran akan lebih banyak atau menjadi boros karena terus-terus berbelanja melalui media online shop dan keuangan yang tidak terkontrol karena susahnya untuk mengatur pengeluaran akibat keseringannya untuk berbelanja pada media online shop, apalagi bagi mahasiswa yang tinggal dirumah kost.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 08:06
Last Modified: 13 Jan 2017 08:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1892

Actions (login required)

View Item View Item