Dini, Iwan and Muharram, Muharram (2015) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD yang Diintervensi dengan Peta Konsep terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 11 Makassar (Studi pada Materi Pokok Hidrokarbon). CHEMICA: Jurnal Ilmiah Kimia Dan Pendidikan Kimia, 16 (1). pp. 100-109. ISSN 1411-6502
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.pdf - Published Version Download (576kB) |
|
Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
Peer Review - Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD.pdf - Published Version Download (995kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diintervensi dengan peta konsep terhadap hasil belajar siswa SMAN 11 Makassar. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Makassar sebanyak tujuh kelas. Sampel secara random. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar. Teknik analisis data yaitu analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis deskriptif pada nilai perolehan menunjukkan nilai rata-rata kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 45,24 dan 38,59 dengan standar deviasi adalah 9,19 dan 12,21. Ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 68% untuk kelas eksperimen dan 50% untuk kelas kontrol. Hasil analisis statistik inferensial dengan menggunakan uji-t pihak kanan pada taraf signifikan, α = 0,05 H0 ditolak, sehingga disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD yang diintervensi dengan peta konsep berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 2 Watansoppeng.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cooperative STAD, Concept mapping, Learning results, Hydrocarbon |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 26 Jan 2021 12:31 |
Last Modified: | 26 Jan 2021 12:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18913 |
Actions (login required)
View Item |