Perbedaan Kinerja Guru yang Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi

PERMATASARI, MYTHA (2014) Perbedaan Kinerja Guru yang Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
MYTHA PERMATASARI. 2015.doc

Download (23kB)

Abstract

ABSTRAK MYTHA PERMATASARI. 2015, Perbedaan Kinerja Guru yang Tersertifikasi dan Belum Tersertifikasi (Studi Pada SMK Muhammadiyah Watansoppeng). Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mengetahui kinerja guru di SMK Muhammadiyah Watansoppeng, 2) Mengetahui perbedaan kinerja antara guru yang tersertifikasi dan yang belum tersertifikasi di SMK Muhammadiyah Watansoppeng. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulkan data menggunakan: observasi, kuesione dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 23 orang dengan jumlah guru yang tersertifikasi sebanyak 21 orang dan 2 orang guru belum tersertifikasi. Adapun teknik penarikan sampel yaitu menggunakan total sampling dan teknik analisis data yang di gunakan adalah teknik analisis data persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kinerja guru di SMK Muhammadiyah Watansoppeng yang dapat dilihat mulai dari perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran cukup baik. 2) Terdapat perbedaan kinerja guru tersertifikasi dan belum tersertifikasi dilihat dari aspek pelasanaan pembelajaraanseperti memotivasi peserta didik pada saat membuka pelajaran, mengawali pembelajaran dengan mengaitkan materi sebelumnya, menyajikan materi sesuai dengan langkah proses pembelajaran di RPP, memfasilitasi peserta didik untuk menuangkan gagasan/ide, menggunakan waktu sesuai dengan rencana di RPP, memberikan kesimpulan materi disetiap akhir pelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > ILMU SOSIAL
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 08:05
Last Modified: 13 Jan 2017 08:05
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1891

Actions (login required)

View Item View Item