Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI

Adnan, Adnan and Muharram, Muharram and Jihadi, Ahmad (2019) Pengembangan E-book Biologi Berbasis Konstruktivistik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Kelas XI. Indonesian Journal of Educational Studies, 22 (2). pp. 112-119. ISSN 2621-6744

[img] Text (Artikel Jurnal Nasional Sinta 4)
Artikel Jurnal Nasional Sinta 4 - Pengembangan E-Book Biologi Berbasis Konstruktivistik.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text (Peer Review Artikel Jurnal Nasional Sinta 4)
Peer Review Artikel Jurnal Nasional Sinta 4 - Pengembangan E-Book Biologi Berbasis Konstruktivistik.pdf - Published Version

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/Insani/article/view/11773

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book biologi berbasis konstruktivistik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA kelas XI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Sampel penelitian ini adalah siswa SMAN 3 makassar kelas XI dengan jumlah responden sebanyak 22 orang. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus 2019. Instrumen yang dikembangkan berupa instrumen validitas e-book biologi berbasis konstruktivistik, Instrumen motivasi belajar siswa, Instrumen respon guru dan siswa. E-book biologi dikembangkan berdasarkan prinsip konstruktivistik : (1) learning personalization, (2) reflective thinking, (3) problem solving and investigation, (4) relevance to daily-life, (5) collaborative learning, (6) discussion, dan (7) teacher scaffolding. E-book yang dikembangkan menggunakan software flipcreator dengan menambahkan media berupa gambar, video dan animasi. E-book yang dikembangkan kemudian diuji validitas hingga dinyatakan valid oleh validator lalu diimplementasikan untuk mengetahui respon siswa dan guru serta efektifitas dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-book biologi konstruktivistik yang dikembangkan memenuhi kriteria kevalidan (4,3), kepraktisan (66,67 %) dan efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa hal ini ditandai dengan meningkatnya aspek perhatian, relevansi, keyakinan dan kepuasan sebagai faktor persepsional motivasi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: E-Book, Konstruktivistik, Valid, Praktis, Efektif, Motivasi
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 20 Jan 2021 14:02
Last Modified: 20 Jan 2021 14:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18890

Actions (login required)

View Item View Item