Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey

Amin, Bunga Dara and Nurhayati, Nurhayati and Azis, Aisyah and Swandi, Ahmad (2019) Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer yang Interaktif dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Konsep Abstrak: Studi Literatur and Survey. In: SEMINAR NASIONAL LP2M UNM - 2019 “Peran Penelitian dalam Menunjang Percepatan Pembangunan Berkelanjutan di Indonesia”, 16 Nopember 2019, Makassar, Indonesia.

[img] Text (Artikel Prosiding Nasional)
Artikel Prosiding Nasional - Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer.....pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Peer Review Artikel Prosiding Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Nasional - Identifikasi Potensi Penggunaan Bahan Ajar Fisika Berbasis Simulasi Komputer.....pdf - Published Version

Download (573kB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit/article/view/11...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi penggunaan bahan ajar fisika berbasis simulasi interaktif dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pembelajaran fisika. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan meode kajian literatur dari berbagai sumber untuk mengetahui penggunaan simulasi dengan langkah-langkah pembelajaran inkuiri serta metode survey untuk mengetahui bagaimana penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dikalangan pelajar sehingga diperoleh data untuk bisa mengaplikasikan bahan ajar berbasis simulasi interaktif. Data yang diperoleh dari hasil survey kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Berdasarkan hasil kajian literatur dapat disimpulkan bahwa simulasi komputer telah banyak digunakan dalam pembelajaran dengan tahapan penyelidikan dan memberikan dampak yang positif, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan simulasi komputer adalah kebenaran simulasi itu dalam menunjukkan fenomena fisis, kemudahan dalam menggunakan dan juga menyesuaikan dengan karakteristik siswa. Berdasarkan survey, secara umum 85% responden setuju dengan penggunaan simulasi komputer dalam pembelajaran. Selain itu, data yang menunjukkan bahwa penggunaan laboratorium masih sangat kurang. Sehingga diharapkan simulasi komputer dapat dijadikan alternatif untuk melakukan pengamatan fenomena fisis.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Konsep Abstrak, Model Inkuiri Terbimbing dan Simulasi Interaktif
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 29 Dec 2020 06:46
Last Modified: 29 Dec 2020 06:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18835

Actions (login required)

View Item View Item