Peningkatan Kreativitas pemecahan Masalah Matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan pendekatan Open Ended Problem pada Kleas VII MTsN 2 Makassar

Syarifuddin, Syarifuddin (2015) Peningkatan Kreativitas pemecahan Masalah Matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan pendekatan Open Ended Problem pada Kleas VII MTsN 2 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Syarifuddin..doc

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK Syarifuddin. Peningkatan Kreativitas pemecahan Masalah Matematika siswa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dengan pendekatan Open Ended Problem pada Kleas VII MTsN 2 Makassar. (dibimbing oleh Awi Dassa dan Asdar). Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach). Sesuai dengan hakekat penelitian tindakan kelas maka prosedur pelaksanaan penelitian untuk masing-masing siklus melalui tahapan-tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), observasi (observing) dan evaluasi (evaluating), dan refleksi (reflecting). Penelitian in bertujuan untuk meningkatkan kreativitas pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem pada siswa kelas VII MTsN 2 Makassar. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Makassar, Kecamatan Biringkanaya, Kota Madya Makassar, Propinsi Sulawesi Selatan. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas VII-4 MTsN 2 Tahun Pelajaran 2013/2014. Siswa Kelas VII tersebut sebanyak 39 orang yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Tindakan yang diberikan adalah pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem. Penelitian ini dilaksanakan pada Semester II Tahun Pelajaran 2013/2014 yang terbagi dalam dua siklus, tiap siklus dilaksanakan selama 6 kali pertemuan dengan satu kali pertemuan untuk tes hasil belajar di akhir siklus. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut: (1) Penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem dapat meningkatkan kreativitas pemecahan masalah matematika siswa Kelas VII MTsN 2 Makassar pada materi segi empat. (2) Aktivitas guru dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem pada materi segi empat mengalami peningkatan. (3) Siswa menunjukkan respons positif terhadap penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem pada materi segi empat. Hal ini diindikasikan oleh hasil angket lebih dari 50% siswa memberikan respons positif terhadap minimal 70% jumlah aspek yang ditanyakan. (4) Respons siswa dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem terjadi peningkatan respons positif secara nyata dari Siklus I ke Siklus II. (5) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT pendekatan open ended problem dapat meningkatkan kreativitas pemecahan masalah matematika siswa Kelas VII MTsN 2 Makassar, yang indikatornya berupa terjadi peningkatan kreativitas pemecahan masalah matematika siswa dengan skor rata-rata dari Siklus I ke Siklus II secara nyata yaitu 2,19 meningkat menjadi 2,45. Siswa yang kreativitas belajarnya berada pada kategori cukup kreatif dan kreatif yaitu 25 orang atau sebesar 64% pada Siklus I, meningkat menjadi 34 orang atau 87,18% pada Siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:30
Last Modified: 13 Jan 2017 02:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1883

Actions (login required)

View Item View Item