SUATU ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS IV SD

Rohana, Rohana (2017) SUATU ANALISIS KEBUTUHAN TERHADAP BAHAN AJAR BAHASA INGGRIS UNTUK KELAS IV SD. In: Seminar Nasional Dies 56 UNM 2017: Pendidikan Berkualitas Membangun Daya Saing Bangsa Menuju Keunggulan Kompetitif, 9 July 2017, UNM, Makassar.

[img] Text
prosiding pendidikan berkualitas membangun daya saing bangsa.pdf

Download (4MB)
[img] Text
peer reviewer prosiding pendidikan berkualitas membangun daya saing bangsa.pdf

Download (495kB)

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan siswa kelas IV SD terhadap bahan ajar bahasa Inggris, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dengan populasi sejumlah 98 orang berasal dari kelas IV SD di tiga sekolah yang berada di Kota Makassar dan sampel diambil secara acak sehingga menghasilkan 20 orang sebagai sampel. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan R dan D Borg and Gall, dengan melalui 10 tahap, diantaranya menggunakan tahapan analisis kebutuhan responden terhadap bahan ajar yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis kebutuhan terhadap bahan ajar bahasa Inggris untuk kelas IV SD menghasilkan kesimpulan satu konsep baru yang menjadi acuan untuk menyusun materi bahasa Inggris kelas IV SD yang diharapkan sesuai dengan kebutuhan siswa, diperoleh 73 pernyataan yang sangat penting yang menjadi kebutuhan bagi guru dan siswa dalam suatu bahan ajar bahasa Inggris untuk kelas IV SD, 73 ini poin unsur yang penting sebagai prinsip untuk pengembangan materi ajar bahasa Inggris sesuai kebutuhan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: analisis, kebutuhan, bahan ajar
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 27 Dec 2020 00:20
Last Modified: 27 Dec 2020 00:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18822

Actions (login required)

View Item View Item