Eksplorasi Hasil Belajar, Aktivitas Siswa dan Respon Siswa pada Penerapan Metode Kerja Kelompok dan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone, Materi pokok Trigonometri

HIDAYATI DARWIS, RAHMA (2014) Eksplorasi Hasil Belajar, Aktivitas Siswa dan Respon Siswa pada Penerapan Metode Kerja Kelompok dan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone, Materi pokok Trigonometri. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
RAHMA HIDAYATI DARWIS..doc

Download (34kB)

ABSTRAK RAHMA HIDAYATI DARWIS. Eksplorasi Hasil Belajar, Aktivitas Siswa dan Respon Siswa pada Penerapan Metode Kerja Kelompok dan Metode Tutor Sebaya pada Pembelajaran Remedial kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone, Materi pokok Trigonometri (dibimbing oleh Hisyam Ihsan dan Asdar) Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat eksploratif yang bertujuan (i) mendeskripsikan hasil eksplorasi hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa pada penerapan metode tutor sebaya pada pembelajaran remedial materi Trigonometri di kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone, (ii) Mendeskripsikan hasil eksplorasi hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa pada penerapan metode kerja kelompok pada pembelajaran remedial materi Trigonometri di kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone, dan (iii) Mendeskripsikan hasil eksplorasi perbandingan hasil belajar, aktivitas siswa dan respon siswa pada penerapan metode tutor sebaya dan metode kerja kelompok pada pembelajaran remedial materi Trigonometri di kelas XI AP SMK Negeri 1 Watampone. Lokasi penelitian ini adalah SMK Negeri 1 Watampone Kabupaten Bone, dengan subjek penelitian yaitu siswa remedial di kelas XI AP. Instrumen yang digunakan adalah (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Lembar Kerja Siswa (LKS), (3) Tes Hasil Belajar, (4) Lembar Observasi Aktivitas Siswa (5) Angket Respon Siswa. Deskripsi hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Tutor Sebaya pada pembelajaran Remedial dilihat secara klasikal berdasarkan pada nilai KKM, telah mencapai kriteria nilai di atas KKM sebanyak 35 orang atau sekitar 100%. Aktivitas siswa pada setiap pertemuan dalam pembelajaran ini minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan Metode Kerja Kelompok pada pembelajaran Remedial dilihat secara klasikal berdasarkan pada nilai KKM, telah mencapai kriteria nilai di atas KKM sebanyak 33 orang atau sekitar 94%. Aktivitas siswa pada setiap pertemuan dalam pembelajaran ini minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif., dan (3) Analisis hasil belajar, dilihat pada metode tutor sebaya lebih tuntas secara klasikal dari pada metode kerja kelompok dalam pembelajaran remedial. Hasil analisis aktivitas siswa, setiap pertemuan pada metode tutor sebaya lebih besar dari pada metode kerja kelompok dalam pembelajaran remedial. Hasil analisis respon siswa, pada metode tutor sebaya lebih besar dari pada metode kerja kelompok dalam pembelajaran remedial. Kata kunci: eksplorasi, tutor sebaya, kerja kelompok, remedial, trigonometri ABSTRACT RAHMA HIDAYATI DARWIS. 2014. The Exploraton of Learning Result, Students’ Activity, and Students’ Response on the Implementation of Group Work Method and Peer Tutoring Method on Remedial Learning of Trigonometry Subject Material of Grade XI AP at SMKN 1 Watampne (Supervised by Hisyam Ihsan and Asdar). The study was a quantitative research with explorative approach which aimed at describing (i) the exploration result of the result of learning, student’s activity, and students’ response on the implementation of peer tutoring method on remedial learning of Trigonometry subject material of grade XI AP at SMKN 1 Watampone, (ii) the exploration result of the result of learning, student’s activity, and students’ response on the implementation of group work method on remedial learning of Trigonometry subject material of grade XI AP at SMKN 1 Watampone, (iii) the exploration result of the comparison of learning result, student’s activity, and students’ response on the implementation of peer tutoring method and group work method on remedial learning of Trigonometry subject material of grade XI AP at SMKN 1 Watampone. The site of the study was SMKN 1 Watampone in Bone district. The subject was the students taking remedial in grade XI AP. The instruments used were (1) the lesson plan, (2) students’ worksheet, (3) learning test result, (4) observation sheet of students’ activity, and (5) questionnaire of students’ response. The result of the study revealed that (1) the students’ learning result taught by peer tutoring method on remedial learning based on KKM value had achieved the criteria score above KKM with 35 students or 100%. Students’ activity in each meeting was minimalli in good category, and students’ response toward devices and learning included in positive category, (2) the learning result of students who taught by employing group work method on remedial learning based on KKM value had achieved the criteria score above KKM with 33 students or 94%. Students’ activity in each meeting was minimally in good category, and students’ response toward devices and learning included in positive category, and (3) analysis of learning result based on peer tutoring method was complete classically compared to group work method in remedial learning. The result of analysis on students’ activity in each meeting of peering tutoring method was greater than group work method. The resul of analysis on students’ response of peer tutoring method was greater than group work method in remedial learning. Keywords: exploration, comparison, peer tutoring, group work, remedial, trigonometry

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:27
Last Modified: 13 Jan 2017 02:27
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1881

Actions (login required)

View Item View Item