Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP

INTANG, NUR (2014) Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NUR INTANG, 2014.doc

Download (33kB)

Abstract

ABSTRAK NUR INTANG, 2014. Pengembangan Alat Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Geometri Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP (dibimbing oleh Ruslan dan H. Nurdin Arsyad). Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan dan menghasilkan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat penilaian autentik pada pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif dan praktis. Produk tersebut terdiri dari 12 komponen, yaitu (1) Pengembangan tabel spesifikasi; (2) Pengembangan Kisi-kisi; (3) Tes kinerja peserta didik, (4) Pedoman penilaian tes kinerja peserta didik, (5) Intrumen penilaian diri beserta pedoman penskorannya (6) Lembar kerja peserta didik beserta penilaian proses kooperatif, (7) Instrumen uji kelayakan alat penilaian autentik; (8) lembar observasi keterlaksanaan alat penilaian autentik; (9) angket respon guru; (10) angket respon peserta didik; (11) Lembar validasi; dan (12) RPP. Proses pengembangan alat penilaian autentik menggunakan modifikasi model 4-D dari Thiagarajan.Ujicoba dilakukan di SMP Negeri 1 Bulukumba Kabupaten Bulukumba pada peserta didik kelas VIII-9. Hasil yang diperoleh pada ujicoba tersebut adalah pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri yang sahih, andal, objektif, dan praktis. Sebagai implikasi yang diperoleh dari penilaian ini, disarankan: (1) bagi peneliti yang berminat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini diharapkan mencermati keterbatasan penelitian ini, (2) pengembangan alat penilaian autentik dalam pembelajaran geometri hendaknya dikembangkan juga pada materi lain agar dapat membantu guru dalam menilai peserta didik berdasarkan kemampuan yang peserta didik miliki. ABSTRACT NUR INTANG, 2014 The Development of Authentic Evaluation Instrument for Geometry Learning to Grade VIII Student at SMPN 1 Bulukumba in Bulukumba District (supervised by Baso Intang and Ilham Minggi). This study was a research and development which aimed at developing and producing authentic evaluation instrument for Geometry learning which was valid, reliable, objective, and practical. The product expected from this study was the authentic evaluation instrument on the topic of Geometry which was valid, reliable, objective, and practical. The product was consisted of 12 components, namely (1) test instrument of student’s learning achievement as a reference to evaluate the performance on Theorems of Geometry; (2) evaluation instrument from student’s; (3) portfolio evaluation instrument in a from of the bes product and journal entry of student’s; (4) performance evaluation guidance; (5) self evaluation guidance; (6) portfolio evaluation guidance; (7) feasibility test instrument of authentic evaluation instrument; (8) observation sheet on the implementation of authentic evaluation instrument; (9) questionnaire of teacher’s respons; (10) questionnaire of student’s respons; (11) validation sheet; and (12) lesson plan. The development process of authentic evaluation instrument used the modification of 4-D Model from Thiagarajan. The tried out was conducted at SMPN 1 Bulukumba in Bulukumba district to grade VIII-9 students. The result of the study revealed that the development of authentic evaluation instrument for Geometry learning which was valid, reliable, objective, and practical. Suggestion for this study are (1) other researchers who are interested in developing this study should learn the limitation of this study and (2) the development of authentic evaluation instrument for Geometry learning should also develop other subject materials to assist teachers in evaluating student’s based on their competence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:25
Last Modified: 13 Jan 2017 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item