Bastiana, Bastiana (2015) Pendidikan Inklusi: Perlindungan Sosial Anak Berkebutuhan Khusus. In: Kongres APSSI II dan Konferensi Nasional Sosiologi, 20-23 Mei 2015, Manado.
Text
Proceeding Tantangan Baru Pembangunan.pdf Download (5MB) |
Abstract
Anak berkebutuhn khusus adalah anak yang memiliki kekhususan atau kekurangan dari segi pisik, mental, intelegensi, dan sosial. Akibat kekhususan yang dimilikinya, anak berkebutuhan khusus tidak dapat dengan mudah berinteraksi dan beradaptasi dengan orang lain dalam lingkungannya, cenderung menarik diri dari lingkungan dan pada akhirnya menjadi kelompok yang termarjinalkan. Akibatnya anak berkebutuhan khusus akan kehilangan akses untuk mengembangkan potensi yang masih dimilikinya untuk tumbuh dan berkembang sebagaimana layaknya sebayanya. Agar mereka tidak menjadi kelompok marginal, mereka harus mendapat perlindungan sosial. Perlindungan sosial terhadap kelompo marginal dapat dilakukan sedini mungkin oleh orang lain tetapi yang lebih penting adalah perlindungan terhadap diri sendiri. Pendidikan inklusi adalah salah satu bentuk perlindungan sosial terhadap anak berkebutuhan khusus melalui layanan pendidikan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki serta berinteraksi dengan sebayanya. Melalui pendidikan inklusi, anak berkebutuhan khusus dapat mengaktualisasikan potensinya, menumbuhkan rasa percaya diri, tidak tergantung kepada orang lain dan pada akhirnya menjadi bagian dari masyarakat.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Dr Bastiana Bastiana |
Date Deposited: | 26 Mar 2021 05:54 |
Last Modified: | 26 Mar 2021 05:54 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18794 |
Actions (login required)
View Item |