Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Gugus II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar

Ramadani, Ainun Mujahidah (2020) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas V SD Gugus II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL-AINUN MUJAHIDAH RAMADANI.pdf

Download (596kB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian expost facto yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V SD Gugus II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pola asuh orang tua, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Gugus II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar berjumlah 418 orang, sedangkan sampelnya berjumlah 205 orang. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan teknik Purposive Sampling dengan kriteria peserta didik yang nilai prestasinya dalam kategori tinggi, sedang, dan rendah. Data hasil penelitian ini diperoleh melalui instrumen dan data prestasi belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V SD Gugus II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh P = 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa pola asuh orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik kelas V SD Gugus II Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar. Kata kunci: pola asuh orang tua, prestasi belajar peserta didik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Dec 2020 07:09
Last Modified: 17 Dec 2020 07:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18791

Actions (login required)

View Item View Item