Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Efikasi Diri dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Kendari.

Jufri, Luthfiah (2014) Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Efikasi Diri dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Kendari. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Luthfiah Jufri.doc

Download (30kB)

ABSTRAK , 2013. Faktor Internal dan Eksternal yang Mempengaruhi Efikasi Diri dan Kaitannya dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Kendari. (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Alimuddin) Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui Pengaruh Motivasi berprestasi, Persepsi siswa tentang metode mengajar guru, dan perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa terhadap efikasi diri siswa baik secara bersama-sama maupun secara individu. (2) Mengetahui Pengaruh Motivasi berprestasi, Persepsi siswa tentang metode mengajar guru, Perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa dan Efikasi diri terhadap Prestasi belajar matematika siswa kelas X baik secara bersama-sama maupun secara individu. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang besifat kausalitas. Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Kendari tahun pelajaran 2012/2013 yang diambil dengan menggunakan Proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) Skala Motivasi Berprestasi, (2) Skala Persepsi siswa tentang metode mengajar guru, (3) Skala Perhatian orang tua terhadap proses belajar siswa, (4) Skala efikasi diri, (5) Tes Hasil Belajar Matematika kelas X. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path analysis). Hasil Penenlitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif namun tidak signifikan antara motivasi berprestasi terhadap efikasi diri Siswa kelas X SMA Negeri Kota Kendari. Besar pengaruh langsung motivasi berprestasi tehadap efikasi diri siswa adalah 8,1%. (2) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap efikasi diri siswa kelas X SMA Negeri di Kota Kendari. Besar pengaruh langsung, persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap efikasi diri adalah 15,9%. (3) Tidak ada pengaruh Perhatian orangtua terhadap proses belajar siswa terhadap efikasi diri kelas X SMA Negeri di Kota Kendari. (4) Motivasi berprestasi tidak berpengaruh langsung dan tidak secara signifikan tehadap prestasi belajar matematika siswa yang memiliki koefisien jalur sebesar 0,040. (5) Terdapat pengaruh kuat dan signifikan antara persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Kota Kendari. Besar pengaruh langsung persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah 27,2%. (6) Tidak ada pengaruh Perhatian orangtua terhadap proses belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika siswa. (7) Pengaruh langsung Motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri Kota Kendari sebesar 4,0 %, dan tidak langsung (melalui Efikasi Diri (Y1)) sebesar -0,0041. (8) Pengaruh langsung Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah 2,72 %, tidak langsung (melalui Efikasi Diri) sebesar -0,0081. (9) pengaruh langsung Perhatian Orangtua terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar -0,051 dan tidak langsung (melalui Efikasi Diri) sebesar -0,0023.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:24
Last Modified: 13 Jan 2017 02:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1879

Actions (login required)

View Item View Item