PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 WAJO

Kaharuddin, Kaharuddin and Ali, Muhammad Sidin and Arsyad, Muhammad (2020) PENGARUH EFIKASI DIRI DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 3 WAJO. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL TESIS KAHAR.pdf

Download (652kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh langsung efikasi diri terhadap hasil belajar fisika; (2) pengaruh langsung efikasi diri terhadap perhatian orang tua; (3) pengaruh langsung perhatian orang tua terhadap hasil belajar fisika; (4) pengaruh tidak langsung efikasi diri terhadap hasil belajar fisika melalui perhatian orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian survey dengan pendekatan kausal, dengan variabel penelitian adalah efikasi diri dan perhatian orang tua sebagai variabel bebas, sedangkan hasil belajar fisika sebagai variabel tak bebas (terikat). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Tahun Ajaran 2018/2019, terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan peserta didik sebanyak 155 peserta didik, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling dan terpilih kelas X MIA1, X MIA2, X MIA3, X MIA4, dan X MIA5. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif didapatkan bahwa efikasi diri, perhatian orang tua, dan hasil belajar fisika peserta didik berada pada kategori rendah, sedang, dan tinggi. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap hasil belajar fisika; efikasi diri terhadap perhatian orang tua; perhatian orang tua terhadap hasil belajar fisika; efikasi diri terhadap hasil belajar fisika melalui perhatian orang tua. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua dan efikasi diri memberikan kontribusi positif terhadap hasil 2 belajar fisika. Diharapkan pada peneliti selanjutnya agar mengkaji variabel-variabel lain yang berpengaruh terhadap hasil belajar fisika. Sehingga hasil penelitian yang dilakukan dapat menjadi bahan evaluasi untuk meningkatkan hasil belajar fisika peserta didik. Kata kunci: Efikasi Diri, Hasil Belajar Fisika, Perhatian Orang Tua.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Dec 2020 05:50
Last Modified: 16 Dec 2020 05:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18773

Actions (login required)

View Item View Item