Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri Di Kabupaten Bulukumba

ERVIANA, LILIS (2014) Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri Di Kabupaten Bulukumba. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
LILIS ERVIANA.doc

Download (31kB)

Abstract

ABSTRAK LILIS ERVIANA. 2014. Pengaruh Minat Belajar, Sikap, dan Persepsi Siswa tentang Cara Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada SMP Negeri Di Kabupaten Bulukumba (dibimbing oleh Ruslan dan Muhammad Jufri) Hasil belajar matematika menjadi salah satu tolak ukur tinggi rendahnya kualitas suatu proses pembelajaran matematika. Ada banyak faktor yang mempengaruhi tinggi rendahnya hasil belajar matematika, namun penelitian ini kajiannya hanya dibatasi pada minat belajar, sikap terhadap pelajaran matematika, dan persepsi siswa tentang cara mengajar guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar pengaruh minat belajar, persepsi siswa tentang cara mengajar guru terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui sikap terhadap pelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri di Kabupaten Bulukumba tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 34 sekolah yang termasuk dalam kategori akreditas A, B, dan C dengan jumlah sampel 235 siswa. Teknik penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan Proporsional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) Skala minat belajar, (2) Skala persepsi siswa tentang cara mengajar guru, (3) Skala sikap terhadap pelajaran matematika, dan tes hasil belajar matematika. Data dianalisis dengan statistika deskriftif dan analisis SEM (Struktural Equation Modelling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Sebagian besar siswa kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Ujung Loe Kabupaten Bulukumba memiliki: 84% siswa dengan minat belajar yang baik, 76,5% siswa dengan persepsi siswa tentang cara mengajar guru yang baik, 77% siswa memiliki sikap terhadap pelajaran matematika yang baik. Sedangkan hasil belajar matematika berada pada kategori tinggi. (2) Minat belajar, persepsi siswa tentang cara mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap sikap terhadap pelajaran matematika. (3) Minat belajar, persepsi siswa tentang cara mengajar guru dan sikap terhadap pelajaran matematika berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. (4) Minat belajar bepengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi siswa tentang cara mengajar guru (5) Minat belaja berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui sikap pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. (5) Persepsi siswa tentang cara mengajar guru berpengaruh positif dan signifikan secara tidak langsung melalui sikap pada pelajaran matematika terhadap hasil belajar matematika siswa. ABSTRACT LILIS ERVIANA. 2014. The Influence of Learning Interest, attitude, and Students Perception on Teaching Methoed of Teacher toward marhematics Learning Outcome of the Eight Grade Studentns at State Secondary Schools in Bulukumba (Under the supervision of Ruslan and Muhammad Jufri). Mathematics learning outcomes one of measuring tools to know the quality of a mathematics learning outcomes; howover; this research is limited into learning interest, attitude, and student’s perpection on teaching method. It aims to reveal the influences of learning interest and student’s perception on teaching method reward students mathematics learning outcomes both directly and indirectly through attitude to mathematics subject of the eight grade students at state secondary schools in Bulukumba. Population of this research was 235 students on class VIII of 34 state secondary schools in Bulukumba, academic year of 2013/2014 which included in A, B, and C accredition. The sample was taken though proportional stratified random sampling. Moreover, the instruments used in this research were: 1)scale of learning interest, 2) scale of student’s perception on teaching method, 3) scale of attitude in mathematics aa well as mathematics learning outcome test. Data analysis applied a descriptive statistics and SEM (Structural Equation Modeling) analysis. The result shows that: 1) most of eight grade students of state secondary school in Bulukumba have 84% students with a good learning interest, 76.5% of them have a good perception on teaching method, and 77% of them have a good attitude to the mathematics subject; 2) learning interest and student’s perception have a significant positive influence to the attitude in mathematics learning; 3) learning interest, students perception on teaching method, and attitude toward mathematics subject has a significant positive influence toward mathematics learning outcomes; 4) learning interest has asignificant positive influence to the student’s perception on teaching method; 5) learning interest has a significant positive influence indirectly though the attitude toward mathematics learning outcomes; and 6) stdents’ perception on teaching method has a significant positive influences indirectly through the attitude toward mathematics learning outcomes.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:21
Last Modified: 13 Jan 2017 02:21
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1877

Actions (login required)

View Item View Item