PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODEL UTUH TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM) DI SMK NEGERI 1 PAPALANG

RAHMAN, ABDUL (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MODEL UTUH TERHADAP HASIL BELAJAR PRAKTIK KELISTRIKAN OTOMOTIF SISWA KELAS XI TEKNIK SEPEDA MOTOR (TSM) DI SMK NEGERI 1 PAPALANG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalah utama pada penelitian ini adalah siswa kesulitan saat menghadapi masalah sistem kelistrikan di lapangan khususnya pada sepeda motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran hasil media pembelajaran model utuh dan pengaruh terhadap hasil belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 1 Papalang. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 1 Papalang metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan penelitian eksprerimental sampel penelitian dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelas kontrol dan kelas eksprerimen dengan tiap kelas berjumlah 20 orang siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data menggunakan tes praktik dan dokumentasi. Jenis data penelitian adalah data interval rasio. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif menggunakan uji independent sample t-test dengan bantuan IBM SPSS version 20. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil penelitian: pertama, hasil belajar praktik hasil belajar kelistrikan siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 1 Papalang mengalami peningkatan setelah menggunakan media pembelajaran model utuh dengan dari 20 orang siswa yang mendapatkan nilai B dengan jumlah 3 orang siswa, nilai B+ dengan jumlah 14 orang siswa, dan nilai A- dengan jumlah 3 orang siswa. Kedua, dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji Independent Sample t-test menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran model utuh terhadap hasil belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) SMK Negeri 1 Papalang dengan nilai signifikansi (2-tailed) adalah 0,00. Kesimpulannya adalah terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran model utuh terhadap hasil belajar kelistrikan otomotif siswa kelas XI Teknik Sepeda Motor (TSM) di SMK Negeri 1 Papalang. Kata kunci: Media pembelajaran model utuh, hasil belajar kelistrikan otomotif siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Dec 2020 04:45
Last Modified: 16 Dec 2020 04:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item