PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

HARTINA, HARTINA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL HARTINA 1647040007.pdf

Download (504kB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) pada membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) kelas IV Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental design yang merupakan penelitian eksperimen dan desain peniltian yang digunakan berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Palie. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA (kelas eksperiman yang diajarkan menggunakan tindakan berupa metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dan kelas IVB (Kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran biasa). Data hasil penelian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran SQ3R dan tes hasil belajar membaca pemahaman siswa. Pada pertemuan I berada pada kategori sangat baik dan pertemuan II berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran SQ3R berada pada kategori cukup dan baik. Hasil analisis uji prasyarat diperoleh bahwa data hasil belajar membaca pemahaman siswa berdistribusi normal sehingga dilakukan uji parametrik dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung ( 6,407) > ttabel (1,705). Nilai t hitung > t tabel menunjukkan bahwa hasil belajar membaca pemahaman siswa kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 10 Palie Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Kata Kunci: Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Hasil Belajar Membaca Pemahaman

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:50
Last Modified: 16 Dec 2020 02:50
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18745

Actions (login required)

View Item View Item