PERANCANGAN VISUAL BRANDING PISANG COKKO DESIGN VISUAL BRANDING BANANA COKKO

Akhsan, Andi Muh Akbar (2020) PERANCANGAN VISUAL BRANDING PISANG COKKO DESIGN VISUAL BRANDING BANANA COKKO. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
Artikel Pisang Cokko.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Perancangan ini bertujuan untuk memperkenalkan identitas usaha yang sedang dijalani ibu saya karena kegelisahan seorang owner yang belum memiliki brand produk sehinga dapat menjadi kompetitor dengan pengusaha pisang coklat lainnya. Seorang ibu yang berprofesi sebagai guru dan juga ibu rumah tangga hingga saat ini perkembangan usaha yang di geluti belum puas rasanya dari segi pemasaran meskipun sudah mengecap, akan tetapi rasanya masih kurang melihat kemajuan usaha pisang cokko yang sudah melonjak, perlunya melakukan suatu usaha yang kreatif dan inovatif agar dapat sukses sehinga menumbuhkan citra yang bagus serta dikenal oleh masyarakat. Metode yang digunakan dalam perancangan ini adalah metode Research and Development (Penelitian dan Pengembangan). Metode pengembangan yang akan digunakan yaitu model pengembangan 4-D (Four-D Model). Tahapan yang dimaksud yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Namun, hanya 2 tahap dilakukan dari ke4 tahap tersebut. Define dan Design. Data-data penelitian diperoleh dari data pustaka, data dari beberapa narasumber yaitu (1) Owner Pisang Cokko, Andi Nurmiati., S.Pd. M.Pd., (2) Guru SMP, Daswar, S.Pd., (3)Siswa SMPN 12 Makassar., dan data penilaian kuisioner dibagikan kepada siswa-siswi SMP dan remaja . Konsep perancangan yang dilakukan antara lain yaitu menyiapkan Sketsa Kasar ikon Pisang Cokko merancang bentuk kemasan pisang cokko yang menjadi media utama sehingga iklan ini dapat berjalan kemanapun siswa itu berada, membuat sketsa dan konsep karakter digitalisasi, layout dan finalisasi. Hasil perancangan ini terdiri dari (1) Media utama berupa Logo dan Kemasan Pisang Cokko, (2) Media pendukung dalam bentuk merchandise berupa (a) Menu Makanan (b) T-shirt, (c) Frame Gerai Box, (d) Stiker, (e) Gantungan Kunci. Kata kunci: Pisang Cokko (Cemilan Kekinian)

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Desain Komuniksi Visual
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:59
Last Modified: 26 Mar 2021 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18735

Actions (login required)

View Item View Item