Penerapan Model Controversial Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone

Nurfaizah A.P., Nurfaizah A.P. (2017) Penerapan Model Controversial Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Pkn Di Kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone. In: Seminar Nasional Lembaga Penelitian "Membangun Indonesia Melalui Hasil Riset", ISBN : 978-602-6883-93-3, 26 Agustus 2017, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
prosiding Penerapan Model Controversial Issues Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.pdf

Download (132kB)
[img] Text
peer reviewer prosiding penerapan model controversial issue.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/semnaslemlit

Abstract

Abstrak Masalah dalam penelitian ini rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn. Rumusan masalah Bagaimanakah Penerapan model Controversial issues untuk meningkatkan kemampuan berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PKn di kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone? Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model Controversial issues untuk meningkatkan Kemampuan berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran PKn Di Kelas IV SDN 14 Biru Kabupaten Bone . Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif yang dipaparkan secara deskriptif. Jenis Penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Fokus Penelitian Tindakan Kelas ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran controversial issues (2) Kemampuan berpikir kritis siswa . Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 14 Biru Kabupaten Bone. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 14 Biru yang berjumlah 22 siswa. Teknik Pengumpulan Data adalah Observasi, tes dan dokumentasi. Teknik Analisis Data dalam bentuk kualitatif bersifat deskriptif. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Controversial issue telah menunjukkan adanya peningkatan dalam kegiatan pembelajaran meliputi kegiatan guru, aktivitas siswa, kemampuan berpikir kritis siswa. Kesimpulan Penerapan model pembelajaran Controversial issue dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran PKn,mendorong siswa aktif dalam belajar, antusias mengikuti pembelajaran dan menjalin komunikasi dengan baik dengan teman sekelasnya.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Model Controversial Issue, Kemampuan berpikir kritis
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 10 Dec 2020 05:38
Last Modified: 10 Dec 2020 05:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18717

Actions (login required)

View Item View Item