Pengaruh Penerapan Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 5 Bone

Afianty, Karisma and Mustami, Muh. Khalifah and Ngitung, Rosdiana (2020) Pengaruh Penerapan Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 5 Bone. Biologi Teaching and Learning, 3 (1). pp. 71-76. ISSN 26215527

[img] Text
Jurnal Pengaruh Penerapan Peer Tutoring Terhadap Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa SMA Negeri 5 Bone.pdf

Download (307kB)
[img] Text
peer reviewer Pengaruh Penerapan Peer Tutoring.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://ojs.unm.ac.id/btl

Abstract

Abstrak Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) yang bertujuan untuk (1) menjelaskan pengaruh model Peer Tutoring terhadap hasil belajar kognitif Biologi siswa kelas XI SMAN 5 Bone. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 5 Bone tahun pelajaran 2013/2014. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 dan XI IPA2 yang berjumlah 45 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Biologi siswa di kelas kontrol mengalami peningkatan nilai rata-rata sebesar 40,32 dan berada pada kategori sedang ;(2) hasil belajar Biologi siswa di kelas eksperimen mengalami peningkatan peningkatan nilai rata-rata sebesar 49,85 dan berada pada kategori tinggi; (5) penerapan model Peer Tutoring berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model peer tutoring, hasil belajar kognitif
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Herling HR Sahade
Date Deposited: 07 Dec 2020 09:00
Last Modified: 07 Dec 2020 09:00
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18710

Actions (login required)

View Item View Item