Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon

ASSAGAF, GAMAR (2015) Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
GAMAR ASSAGAF.doc

Download (31kB)

ABSTRAK GAMAR ASSAGAF. Pengaruh Kemandirian Belajar dan Regulasi Diri terhadap Hasil Belajar Matematika melalui Motivasi Berprestasi pada Siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. (dibimbing oleh Muhammad. Arif Tiro dan Muhammad Jufri) Penelitian ini dilatarbelakangi oleh faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa, yaitu faktor internal dan faktor. Hasil belajar yang baik akan dapat dicapai apabila mereka dapat mengatasi kesulitan belajar yang dialaminya, namun ada sejumlah variabel yang saling mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran dan pengaruh kemandirian belajar dan regulasi diri terhadap hasil belajar matematika melalui motivasi berprestasi pada siswa kelas X SMA Negeri di Kota Ambon. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri di Kota Ambon tahun pelajaran 2013/2014 yang diambil dengan menggunakan Disproporsional stratified cluster random sampling. Instrumen yang digunakan: (1) Skala kemandirian belajar, (2) skala regulasi diri, (3) skala motivasi berprestasi,(4) tes hasil belajar matematika kelas X. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis jalur (path anlysis). Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Sebagian besar siswa kelas X SMA Negeri di kota Ambon memiliki: kemandirian belajar dengan kategori tinggi, regulasi diri dengan kategori tinggi, motivasi berprestasi dengan kategori tinggi, hasil belajar berada dalam kategori sedang; (2) Kemandirian belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi berprestasi; (3) Regulasi diri berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika baik secara langsung maupun tidak langsung melalui motivasi berprestasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:14
Last Modified: 13 Jan 2017 02:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1871

Actions (login required)

View Item View Item