Pengaruh Model Pembelajaran dan Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa SMP Negeri di Kabupaten Soppeng

ASRIADI, ASRIADI (2015) Pengaruh Model Pembelajaran dan Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa SMP Negeri di Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ASRIADI..doc

Download (26kB)

ABSTRAK ASRIADI. Pengaruh Model Pembelajaran dan Bentuk Tes Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa SMP Negeri di Kabupaten Soppeng. (dibimbing oleh Baso Intang Sappaile dan Mansyur). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan bentuk tes terhadap hasil belajar Matematika setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan faktorial 2×2. Populasi penelitian ini adalah seluruh Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) di Kabupaten Soppeng yang terdiri dari 31 sekolah dan dipilih secara acak bertahap 4 kelas sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Tes Kemampuan Awal dan Tes Hasil Belajar. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan inferensial (Ankova Dua Jalur). Hasil penelitian diperoleh: (1) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan bentuk tes terhadap hasil belajar Matematika setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa, (2) Untuk siswa yang diberi tes pilihan ganda, hasil belajar Matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung lebih besar daripada hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa, (3) Untuk siswa yang diberi tes uraian, hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih besar daripada hasil belajar Matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran langsung, setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa, (4) Untuk siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, hasil belajar Matematika siswa yang diberi tes uraian lebih besar daripada hasil belajar Matematika siswa yang diberi tes pilihan ganda, setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa, dan (5) Untuk siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, hasil belajar Matematika siswa yang diberi tes pilihan ganda lebih besar daripada hasil belajar Matematika siswa yang diberi tes uraian, setelah mengurangi pengaruh linear kemampuan awal siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 02:12
Last Modified: 13 Jan 2017 02:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1870

Actions (login required)

View Item View Item