Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Laboratorium Mini dan Pendekatan Scientific pada Siswa SMPN 1 Sinjai Tengah, Materi pokok Segiempat

ASNITA, ANDI ULMI (2015) Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Laboratorium Mini dan Pendekatan Scientific pada Siswa SMPN 1 Sinjai Tengah, Materi pokok Segiempat. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK ANDI ULMI ASNITA. Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Melalui Model Kooperatif Tipe STAD dengan Pendekatan Laboratorium Mini dan Pendekatan Scientific pada Siswa SMPN 1 Sinjai Tengah, Materi pokok Segiempat (dibimbing oleh Abdul Rahman dan Usman Mulbar) Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Laboratorium Mini dan model kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Scientific pada materi Segiempat. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) motivasi belajar siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Laboratorium Mini dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Scientific dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran dan data motivasi belajar siswa pembelajaran. Data hasil belajar, data aktivitas siswa, dan data hasil belajar siswa dalam pembelajaran dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Laboratorium Mini berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 79,00 dan standar deviasi 13,35. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta motivasi siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Scientific berada pada kategori Tinggi dengan rata-rata 78,78 dan standar deviasi 11,58. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,001. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori baik serta motivasi siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pendekatan Laboratorium mini lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe Scientific dengan materi pokok Segiempat dikelas VII SMPN 1 Sinjai Tengah. Kata Kunci : Perbandingan, STAD, Laboratorium Mini, Scientific, Segiempat

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 00:58
Last Modified: 13 Jan 2017 00:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1867

Actions (login required)

View Item View Item