RAMADHANI, NELDA (2020) ANALISIS NILAI PENDIDIKAN KARAKTER. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam tiga dongeng karya Brüder Grimm dan relevansinya dalam pembelajaran bahasa Jerman di sekolah. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sekunder. Sumber data primer yang digunakan adalah tiga dongeng karya Brüder Grimm yang berjudul die drei Brüder, die zwӧlf Brüder, dan der Konigssohn der sich vor nichts dürchtet, dan untuk data sekunder yaitu biografi dari Brüder Grimm dan dongeng lain karya Brüder Grimm. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan catat. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Hasil analisis data menunjukkan nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam ketiga dongeng karya Brüder Grimm adalah adil, rasa hormat, tekun, disiplin diri, kerjasama, saling menyayangi, berani, percaya diri, setia atau loyalitas, tekun, jujur, peduli, dan bertanggungjawab. Nilai-nilai tersebut sudah relevan dengan nilai pendidikan karakter yang ingin diwujudkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa Indonesia, sehingga ketiga dongeng karya Brüder Grimm ini dapat menjadi salah satu pilihan materi ajar dalam pembelajaran bahasa Jerman di sekolah. Kata Kunci: Brüder Grimm, Pendidikan Karakter, Dongeng.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | Pustakawan Amaluddin Zaihal |
Date Deposited: | 03 Dec 2020 04:45 |
Last Modified: | 03 Dec 2020 04:45 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18667 |
Actions (login required)
View Item |