IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK DAN AFEKTIF SISWA

Amran, Nur Ghaniyu (2020) IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PSIKOMOTORIK DAN AFEKTIF SISWA. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Psikomotorik siswa SMA Negeri 8 Maros. 2) Implementasi Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Kompetensi Afektif siswa SMA Negeri 8 Maros. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penentuan informan menggunakan teknik purpose sampling, dengan kriteria guru yang masih aktif dan guru yang mengajar minimal 9 tahun ke atas di SMA Negeri 8 Maros. Jumlah informan sebayak 5 orang guru yang masih aktif dan mengajar minimal 9 tahun ke atas dan guru yang mengajar pada mata pelajaran IPS di SMA Negeri 8 Mandai. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis desktiptif kualitatif dengan tahapan mereduksi data, menyajikan data da penarikan kesimpulan. Teknik pengabsahan data menggunakan member chek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi psikomotorik siswa di SMA Negeri 8 Maros terdiri dari tiga aspek keterampilan yang di nilai dari guru yaitu (a) keterampilan berdiskusi yang dimana guru menilai bagaimana siswa aktif dalam berdiskusi, (b) keterampilan bertanya dan menjawab pertanyaan guru menilai bagaimana siswa aktif dalam bertanya dan menjawab pertanyaan yang diberikan kemudian cara berbicara dan bahasa yang digunakan, (c) keterampilan mengerjakan tugas guru menilai bagaimana siswa mampu mengerjakan tugas dengan sekreatif mungkin dan mengumpulkan tugas tepat pada waktu yang ditentukan. 2) Implementasi kurikulum 2013 dalam peningkatan kompetensi afektif siswa di SMA Negeri 8 Maros yaitu dikelompokkan menjadi enam penilaian yaitu: (a) penerimaan bagaimana siswa dapat menerima dan memahami materi yang diajarkan oleh guru, (b) minat/perhatian siswa yang dinilai dari guru bagaimana minat belajar siswa dan motivasi belajar siswa, (c) penentuan dan penilaian sikap guru menilaia bagaimana sikap tingkah laku siswa terutama lebih kepada moral siswa, (d) organisasi bagaimana sikap dan tingkah laku siswa yang mengikuti organisasi, (e) penentuan pola hidup bagaimana siswa bersikap disiplin dan jujur di dalam kelas. Penilaian-penilaian ini yang diberikan oleh guru dan mengetahui yang mana siswa yang betul-betul harus di bimbing dan diberikan pendekatan oleh siswa tersebut. Kata Kunci : Implementasi Kurikulum, Dalam penilaian kompetensi psikomotorik dan afektif

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 03 Dec 2020 04:41
Last Modified: 03 Dec 2020 04:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18666

Actions (login required)

View Item View Item