KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII MTs PONPES AL URWATUL WUTSQAA SIDRAP

Hajar HS, Ibnu (2020) KORELASI ANTARA KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI KELAS VII MTs PONPES AL URWATUL WUTSQAA SIDRAP. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

ibnu Hajar HS, 2020. Korelasi antara Kemampuan Membaca Al-Qur’an dengan Hasil Belajar Bahasa Arab Santri Kelas VII MTs Ponpes Al Urwatul Wutsqaa Sidrap. Skripsi. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sitti Muthmainnah dan Syamsu Rijal). Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang bertujuan untuk mengetahui tingkat korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Sidrap. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kemampuan membaca Al-Qur’an sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar bahasa Arab siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Sidrap yang berjumlah 216 siswa yang terbagi kedalam 7 kelas. Dalam penelitian ini ditetapkan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII F yang berjumlah 62 siswa. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Keseluruhan data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial jenis korelasi bivariat Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan korelasi antara kemampuan membaca Al-Qur’an dengan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Sidrap memiliki nilai korelasi rhitung sebesar (0,218) dengan nilai interpretasi rendah. Nilai rhitung sebesar (0,218); dan nilai rtabel sebesar (0,254). Jadi, rhitung (0,218) < rtabel (0,254) yang berarti H0 diterima dan H1 ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur’an dan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas VII MTs Pondok Pesantren Al Urwatul Wutsqaa Sidrap. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru bahasa Arab agar memaksimalkan metode pembelajaran dan pemberian motivasi sehingga dapat mewujudkan hasil belajar bahasa Arab yang diinginkan. Kata Kunci: Al-Qur’an, Hasil Belajar, Bahasa Arab

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 03 Dec 2020 03:42
Last Modified: 03 Dec 2020 03:42
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18661

Actions (login required)

View Item View Item