Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Bulukumba,

SULESTRY, ANDI INDRA (2015) Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Bulukumba,. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK ANDI INDRA SULESTRY. Komparasi Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Dan Tipe TGT (Teams Games Tournament) Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Bulukumba, Materi pokok Bangun Ruang Sisi Datar (dibimbing oleh Djadir dan Usman) Jenis penelitian ini adalah penelitian unit satuan eksperimen yang bertujuan untuk: mengetahui perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan model kooperatif tipe TGT pada materi bangun ruang sisi datar. Perbandingan keefektifan yang dimaksud dilihat dari (1) aktivitas siswa, (2) respons siswa, dan (3) hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Bulukumba dan sampel terdiri dari dua kelas yakni kelas eksperimen I diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas eksperimen II diajarkan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TGT yang dipilih menggunakan teknik simple cluster random sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah RPP, THB, LOAS, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, LKS. Data yang dikumpulkan terdiri atas hasil belajar siswa, data aktivitas siswa dalam pembelajaran, dan data respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran. Data aktivitas siswa dan respons siswa dianalisis menggunakan persentase sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan Model pembelajaran kooperatif tipe TAI berada pada kategori tinggi dengan rata-rata 85,57, median 85, modus 95 dan standar deviasi 9,49. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, dengan taraf signifikan 0,04. Aktivitas siswa dalam pembelajaran minimal berada pada kategori sangat baik serta respons siswa terhadap perangkat dan pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT berada pada kategori sedang dengan rata-rata 81, median 80, modus 85 dan standar deviasi 7,93. Serta terjadi peningkatan kemampuan siswa yang signifikan dari pre-test ke post-test, diperoleh taraf signifikan 0,041. Aktivitas siswa dalam pebelajaran minimal berada pada kategori baik serta respons siswa terhadap perangkat pembelajaran termasuk dalam kategori positif. Hasil uji hipotesis pada taraf siginifikan dengan uji-t menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif daripada model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan materi pokok bangun ruang sisi datar dikelas VIII SMP Negeri 9 Bulukumba.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 00:55
Last Modified: 13 Jan 2017 00:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1866

Actions (login required)

View Item View Item