Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan

Amrah, Amrah and Sahabuddin, Erma Suryani and Atirah, Rezki Dwi (2020) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Matematika Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Artikel Dwi.pdf

Download (326kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana gambaran penggunaan media video pembelajaran matematika, (2) Bagaimana gambaran minat belajar siswa, (3) Bagaimana gambaran hasil belajar siswa, (4) Adakah pengaruh penggunaan media video pembelajaran Matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui : (1) gambaran penggunaan media video pembelajaran matematika siswa, (2) gambaran minat belajar siswa, (3) gambaran hasil belajar siswa, (4) Pengaruh penggunaan media video pembelajaran Matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian PreEksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan dengan menggunakan metode pengambilan sampel yaitu sampling jenuh (Seluruh siswa kelas IV SDN 24 Kalibone Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan). Jumlah sampel sebanyak 29 siswa terdiri dari 16 lakilaki dan 13 perempuan. Pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian berupa angket minat belajar dan soal tes hasil. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired Sampel T-Test dan Simple Linear Regression Test dengan bantuan aplikasi IBM SPSS Statistic Version 25. Hasil analisis Penelitian menunjukkan bahwa (1) Gambaran penggunaan media video pembelajaran matematika berlangung secara efektif, (2) Gambaran minat belajar siswa berada pada kategori berminat, (3) Gambaran hasil belajar beradapada kategori tinggi, (4) Pengaruh Penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa dipengaruhi selain minat. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Gambaran penggunaan media video pembelajaran matematika berlangsung secara efektif, (2) Gambaran minat belajar setelah menggunakan media video pembelajaran matematika pada kategori berminat, (3) Gambaran hasil belajar setelah menggunakan media video pembelajaran matematika pada kategori sangat baik, (4) Pengaruh Penggunaan media video pembelajaran matematika terhadap minat dan hasil belajar siswa yaitu lebih dari lima puluh persen dipengaruhi oleh hasil belajar. Kata kunci: hasil belajar, minat belajar, media video pembelajaran, matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:58
Last Modified: 02 Dec 2020 02:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18650

Actions (login required)

View Item View Item