Kemampuan Penalaran dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas XII MAN Baraka Enrekang Tahun 2014

SALAMAH, AMINATUS (2015) Kemampuan Penalaran dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas XII MAN Baraka Enrekang Tahun 2014. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
AMINATUS SALAMAH..doc

Download (28kB)

Abstract

ABSTRAK AMINATUS SALAMAH. Kemampuan Penalaran dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian Siswa Kelas XII MAN Baraka Enrekang Tahun 2014. (Dibimbing oleh Hamzah Upu dan Muhammad Jufri) Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penalaran siswa yang memiliki tipe kepribadian sanguinis, koleris, melankolis dan plegmatis dalam memecahkan masalah Matematika di MAN Baraka Enrekang tahun 2014. Pemecahan masalah yang digunakan mengikuti langkah-langkah pemecahan Polya dengan indikator penalaran yang dikaji. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan purposive sampling dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan tes tertulis. Data dianalisis dengan menggunakan analisis data model Miles dan Huberman (2011). Penentuan kredibilitas data menggunakan ketekunan pengamat, triangulasi waktu, pengecekan anggota, pemeriksaan sejawat, dan kecukupan referensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran siswa yang memiliki tipe sanguinis (S) dan siswa yang memiliki tipe plegmatis (P) dalam mengumpulkan fakta secara lengkap dengan menggunakan simbol Matematika, tetapi siswa yang memiliki tipe kepribadian koleris (K) dan siswa yang memiliki tipe kepribadian melankolis (M) mengumpulkan fakta secara tidak lengkap. Subjek S, K, dan P dalam mengajukan asumsi menggunakan rumus Baris dan Deret Matematika tetapi M tidak menggunakan rumus Baris dan Deret Aritmatika. Keempat subjek dalam melakukan manipulasi Matematika mempunyai kesamaan yaitu tidak menuliskan semua fakta dan jawaban ditulis sesuai dengan rencana. Hanya saja S menuliskan jawaban dengan jelas dan terurut, K menuliskan jawaban secara singkat, M menuliskan jawaban secara jelas dan ada kecenderungan menghitung, dan P menuliskan jawaban secara jelas, terurut dan terperinci. S, K, dan P mempunyai alternatif penyelesaian masalah sedangkan M tidak mempunyai alternatif penyelesaian. S, K, M dan P memeriksa kesahihan langkah demi langkah disertai alasannya dan membuat kesimpulan berdasarkan hasil penyelesaiannya. ABSTRACT AMINATUS SALAMAH. 2014.The Reasoning Ability in Solving Mathematics Problems Observed from Personality Type of Grade XII Students at MAN Baraka in Enrekang (Supervised by Hamzah Upu and Muhammad Jufri). The aim of this study was to examine students’ reasoning ability whose sanguine, choleric, melancholic, and phlegmatic personality in solving Mathematics problems at MAN Baraka Enrekang.The problem solving followed the Polya formulas to investigate the reasoning indicators. This study was qualitative research and subjects were taken by using purposive sampling. The data were collected through interview and written test.The data were analyzed by using Miles and Huberman model (2011). The credibility of data was determined by observers’ persistence, time triangulation, member checking, peer review and referential adequacy. The result of the study showed that sanguine student (S) and phlegmatic student (P) could use their reasoning ability to collect data completely through Mathematics symbols, while Choleric student (C) and melancholic student (M) could not do such thing.S, K and P subject used Arithmetic Sequence and Series in proposing assumption, whereas M did not.In conducting mathematics manipulation, those four subjects had similarities as they did not write the whole facts and the answers were written as planned. However, S wrote the answer clearly and structurally, K wrote the answer shortly, M wrote the answers clearly and there was a tendency to do calculation and P wrote the answers clearly, structurally, and specifically. S, K and P had problem solving alternative whereas M did not. S, K, M and P checked the validity step by step accompanied by their reasoning and made conclusion based on the completion result.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 00:53
Last Modified: 13 Jan 2017 00:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1865

Actions (login required)

View Item View Item