Pengembangan modul matematika pada mater garis dan sudut setting pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk siswa kelas VII SMP

MAJID, ABDUL (2015) Pengembangan modul matematika pada mater garis dan sudut setting pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk siswa kelas VII SMP. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
ABDUL MAJID..doc

Download (25kB)

ABSTRAK ABDUL MAJID. Pengembangan modul matematika pada mater garis dan sudut setting pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk siswa kelas VII SMP (dibimbing oleh Nurdin Arsyad dan Djadir). Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat modul pembelajaran setting kooperatif tipe think pair share (TPS) yang memenuhi kriteria valid, paktis dan efektif. Produk yang dikehendaki dalam penelitian ini adalah perangkat modul pembelajaran matematika yang valid, praktis, dan efektif. Produk tersebut terdiri dari tiga komponen yaitu: Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP), Modul pembelajaran matematika (MPM), Tes Hasil Belajar (THB). Proses pengembangan perangkat modul pembelajaran matematika menggunakan model 4-D Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan penyebaran (disseminate). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat modul pembelajaran matematika yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif berdasarkan penilaian validator dan hasil uji coba terbatas yang dilaksanakan. Kevalidan perangkat modul pembelajaran matematika diukur berdasarkan penilaian hasil validasi para ahli (validator) yang memenuhi kriteria kevalidan, yaitu (1) RPP dengan koefisien validitasnya adalah 100% (2) modul pembelajaran matematika dengan koefisien validasnya adalah 85% dan (3) tes hasil belajar (THB) dengan koefisien validitasnya adalah 83,3%. Ini menunjukkan bahwa perangkat modul pembelajaran matematika yang dihasil berada pada kategori valid. Kepraktisan perangkat diukur berdasarkan pengamatan keterlaksanaan perangkat modul pembelajaran matematika yang ditunjukkan terpenuhi kategori terlaksana seluruhnya. Keefektifan perangkat modul pembelajaran ditunjukkan dengan terpenuhinya 4 indikator keefektifan yang ditetapkan, antara lain (1) persentase rata-rata kelulusan klasikal tes hasil belajar sebesari 90,1% (2) terpenuhinya 8 kategori aktivitas siswa, (3) lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap proses pembelajaran, modul pembelajaran matematika dan (4) kemampuan guru mengelola pembelajaran berada pada kategori baik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Jan 2017 00:51
Last Modified: 13 Jan 2017 00:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1864

Actions (login required)

View Item View Item