PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 WAJO KABUPATEN WAJO

WAHYUNI, SRI (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI AKUNTANSI DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 5 WAJO KABUPATEN WAJO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL MODUL PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Akuntansi Di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Wajo Kabupaten Wajo. Variabel dalam penelitian ini adalah modul Pembelajaran (X) dan Hasil belajar (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah true Experimental Desain dengan rancangan post –test Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Obsevasi dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif, Analisis Statistik Inferensial,Uji Normalitas data,Uji Homogenitas dat adan uji-t. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Variabel modul pembelajaran berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi akuntansi di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 5 Wajo. Hasil ini diperoleh melalui uji t atau uji hipotesis yang dilakukan pada nilai Posstest kedua kelompok, yaitu eksperimen dan kontrol dengan mengunakan bantuan SPS 21 for Windows yang menghasilkan Nilai probabilitas pada signifikan (2-Tailed) adalah menunjukkan bahwa nilai probabilitas posttest kelas Eksperimen dan kelas Kontrol adalah 0,006 lebih kecil dari α (<α). Data di atas juga memperlihatkan nilai t-tabel adalah 1,671 dan t-hitung yakni 0,912 lebih besar dari t-tabel (>t-tabel). Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak HI diterima, karena H0 ditolak jika <0,05. Dari data menunjukkan bahwa 0,365<0,05, Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh modul pembelajaran terhadap hasil belajar Akuntansi siswa. Kata kunci :Modul Pembelajaran, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:13
Last Modified: 30 Nov 2020 04:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18610

Actions (login required)

View Item View Item