MODEL PELATIHAN GURU SMK BERBASIS SOFT SKILLS

Hasanah, Hasanah and Wahyuni, Wahidah (2016) MODEL PELATIHAN GURU SMK BERBASIS SOFT SKILLS. In: Prosiding Semnar Nasional "Mega Trend Inovasi dan Kereasi Hasil Penelitian dalam Menunjang Pembangunan Berkelanjutan", 2 Juni 2016, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Prosiding Seminar Nasional)
Prosiding Seminar Nasional Lemlit UNM - Juni 2016.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Prosiding Seminar Nasional Lemlit UNM - Juni 2016.pdf

Download (654kB) | Preview

Abstrak: Pendidikan merupakan salah satu wadah untuk membimbing, mengayomi dan mendidik anak agar menjadi generasi yang berkualitas sebagai penerus agama, bangsa dan negara. Anak perlu dididik dan diberi pengetahuan yang baik agar dia mampu menjadi seorang yang memiliki intelektualitas, kecerdasan, moralitas, dan profesionalitas. Pendidikan sejatinya merupakan proses pembentukan moral masyarakat yang beradab, masyarakat yang terampil dengan penuh rasa kemanusiaan agar memiliki karakter yang berlandaskan falsafah Pancasila. Keberadaan institusi formal seperti sekolah merupakan salah satu tempat yang paling kondusif untuk melakukan proses pendidikan karakter dengan mengasah keahlian soft skillskarena soft skills dipelajari melalui interaksi dengan orang lain dan bagaimana seseorang menghadapi permasalahan dalam kehidupannya. Oleh karena itu guru merupakan pemeran penting dalam rangka pembinaan kecerdasan soft skills untuk menjadi potensi positif bagi peserta didiknya sehingga guru dituntut untuk dapat mengintegrasikan nilai-nilai soft skillsdalam pembelajaran yang tentunya harus dimulai dari dirinya sendiri. Artikel ini membahas bagaimanakah pengembangan model pelatihan guru SMK berbasis soft skills yang efektif dan efesien. Prosedur penelitian menggunakan Research and Development (R&D) versi kombinasi ADDIE dan Dick and Carey (2014). Pelaksanaan penelitian Model Pelatihan Guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Soft Skills ini bertujuan untuk : (1) mengetahui gambaran tentang pengembangan model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills, (2) mengetahui respon peserta pelatihan terhadap model pelatihan berbasis soft skills yang telah dikembangkan, (3) mengetahui apakah model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian R&D,Tahapan pengembangan merupakan kombinasi antara model ADDIE dan Dick and Carey yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pada desain menggunakan 3 tahapan pada model Dick and Carey. Subjek uji coba adalah guru SMK Negeri di Kabupaten Bantaeng. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut: (1) proses pengembangan model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills menghasilkan produk berupa buku panduan, silabus, skenario kegiatan pembelajaran dan modul pelatihan, (2) hasil respon peserta pelatihan menunjukkan bahwa produk model pelatihan yang dihasilkan dapat di gunakan dengan baik, mudah dipahami dan dapat menambah pemahaman dalam mengintegrasikan atribut soft skills dalam pembelajaran, sedangkan dari hasil respon fasilitator yang menggunakan produk model pelatihan menunjukkan bahwa produk dihasilkan praktis dan mudah dalam penggunaannya, (3) model pelatihan guru Sekolah Menengah Kejuruan berbasis soft skills yang telah dikembangkan memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif, (4) hasil uji validitas menyatakan bahwa produk yang dihasilkan sangat valid/layak untuk digunakan, (5) hasil uji kepraktisan menyatakan bahwa produk model pelatihan yang dihasilkan sangat praktis/sangat baik, (6) hasil uji efektifitas menyatakan bahwa hasil belajar peserta pelatihan menjadi lebih meningkat setelah mengikuti pelatihan berbasis soft skills

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: PAK Kepegawaian UNM
Date Deposited: 11 Jan 2017 12:03
Last Modified: 11 Jan 2017 12:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1860

Actions (login required)

View Item View Item