PENERAPAN MODEL NURS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTAENG

Wahdaniyah, Sri and Saleh, Nurming and Mannahali, Misnah (2020) PENERAPAN MODEL NURS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ARTIKEL_SRI WAHDANIYAH.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil pembelajaran model NURS dalam kemampuan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantaeng. Data dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes kemampuan membaca siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca memahami bahasa Jerman dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 8 dan siklus II mencapai 8,5. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model NURS meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantaeng. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, kemampuan membaca, model NURS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA > Pend. Bahasa Jerman
Divisions: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 26 Nov 2020 07:36
Last Modified: 26 Nov 2020 07:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18582

Actions (login required)

View Item View Item