PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADU MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BARRU

Kurniawan Yunus, Muh. Rizal (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DIPADU MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEADS TOGETHER TERHADAP MINAT BELAJAR, HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN KOLABORASI PESERTA DIDIK KELAS XI IPA SMA NEGERI 3 BARRU. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muh. Rizal Kurniawan Yunus, 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 7E dipadu Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Number Heads Together (NHT) terhadap Minat Belajar, Hasil Belajar, dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 3 Barru. Tesis. Program Studi Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana. Universitas Negeri Makassar (Dibimbing oleh Muhiddin P dan Alimuddin A). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dipadu model pembelajaran Number Heads Together (NHT) terhadap minat belajar, hasil belajar, dan keterampilan kolaborasi peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 3 Barru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi eksperimen) dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA semester genap SMAN 3 Barru tahun ajaran 2019/2020. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling dengan pengumpulan data melalui angket minat belajar, instrument tes hasil belajar dan lembar observasi keterampilan kolaborasi. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial dengan uji anacova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dipadu model pembelajaran number heads together (NHT) berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar Biologi peserta didik, berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar Biologi peserta didik dan berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan kolaborasi peserta didik. Implikasi teoritis dari penelitian ini bahwa pemilihan model pembelajaran yang tepat dapat berpengaruh terhadap minat belajar, hasil belajar dan keterampilan kolabarosi peserta didik dalam hal ini penerapan model pembelajaran learning cycle 7E dipadu model pembelajaran kooperatif number heads together berpengaruh secara signifikan terhadap minat belajar, hasil belajar, dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini digunakan sebagai masukan bagi guru dan calon guru sehubungan dengan pengajaran yang telah dilakukan dengan memperhatikan model pembelajaran yang tepat untuk dapat meningkatkan minat belajar, hasil belajar, dan keterampilan kolaborasi peserta didik. Kata Kunci: Learning Cycle 7E, Number Heads Together, Minat Belajar, Hasil Belajar, Keterampilan Kolaborasi

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:59
Last Modified: 26 Mar 2021 05:59
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18513

Actions (login required)

View Item View Item