Malik, Muhammad Nasir and Hasanah, Hasanah (2015) EVALUASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 18 (2). pp. 82-91. ISSN 0854-3712
|
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
JURNAL INSANI 2015.pdf Download (761kB) | Preview |
|
|
Text (Peer Review Jurnal Nasional Tidak Akreditasi)
Peer Review Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan.pdf Download (727kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kesiapan pengelolaan pelaksanaan praktek kerja industri di SMK, proses pelaksanaan, dan faktor-faktor kendala. Metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP. Sebanyak 12 SMK Negeri dan Swasta diambil secara proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi konteks tergolong tinggi, yakni: (a) kualitas kompetensi siswa, (b) kesesuaian pelaksanaan progam dengan kebijakan sekolah, dan (c) kesiapan pengelolaan tergolong tinggi; (2) evaluasi masukan tergolong sangat tinggi, yakni: (a) kesiapan kompetensi siswa, (b) kesiapan pengelolaan program sekolah, dan (c) kesiapan kompetensi guru; (3) evaluasi proses, yakni: (a) proses pelaksanaan program berjalan sesuai jadwal, namun kurang relevan dengan kompetensi dibutuhkan siswa, (b) faktor-factor penghambat, kurangnya kerjasama dengan pihak industri; dan (4) evaluasi produk cukup tinggi, yakni: (a) menciptakan link and match pembelajaran di sekolah, (b) peningkatan kompetensi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | evaluasi, praktik kerja, kompetensi, industri |
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | FAKULTAS TEKNIK |
Depositing User: | S.T., M.T. Faruq Ratuhaji |
Date Deposited: | 06 Jan 2017 10:36 |
Last Modified: | 06 Jan 2017 10:36 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1850 |
Actions (login required)
View Item |