EVALUASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Malik, Muhammad Nasir and Hasanah, Hasanah (2015) EVALUASI PRAKTIK KERJA INDUSTRI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Jurnal Penelitian Pendidikan Insani, 18 (2). pp. 82-91. ISSN 0854-3712

[img]
Preview
Text (Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi)
JURNAL INSANI 2015.pdf

Download (761kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Jurnal Nasional Tidak Akreditasi)
Peer Review Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan.pdf

Download (727kB) | Preview

Abstrak: Evaluasi Praktik Kerja Industri Sekolah Menengah Kejuruan. Tujuan penelitian adalah mengevaluasi kesiapan pengelolaan pelaksanaan praktek kerja industri di SMK, proses pelaksanaan, dan faktor-faktor kendala. Metode penelitian deskriptif evaluatif model CIPP. Sebanyak 12 SMK Negeri dan Swasta diambil secara proportionate Stratified Random Sampling. Hasil penelitian menunjukkan: (1) evaluasi konteks tergolong tinggi, yakni: (a) kualitas kompetensi siswa, (b) kesesuaian pelaksanaan progam dengan kebijakan sekolah, dan (c) kesiapan pengelolaan tergolong tinggi; (2) evaluasi masukan tergolong sangat tinggi, yakni: (a) kesiapan kompetensi siswa, (b) kesiapan pengelolaan program sekolah, dan (c) kesiapan kompetensi guru; (3) evaluasi proses, yakni: (a) proses pelaksanaan program berjalan sesuai jadwal, namun kurang relevan dengan kompetensi dibutuhkan siswa, (b) faktor-factor penghambat, kurangnya kerjasama dengan pihak industri; dan (4) evaluasi produk cukup tinggi, yakni: (a) menciptakan link and match pembelajaran di sekolah, (b) peningkatan kompetensi siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: evaluasi, praktik kerja, kompetensi, industri
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: PAK Kepegawaian UNM
Date Deposited: 06 Jan 2017 10:36
Last Modified: 06 Jan 2017 10:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1850

Actions (login required)

View Item View Item