KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 12 KABUPATEN PINRANG DALAM BERKARYA MOZAIK DARI KAIN PERCA DI MASA PANDEMI COVID 19

Badri, Annurul (2020) KEMAMPUAN PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 12 KABUPATEN PINRANG DALAM BERKARYA MOZAIK DARI KAIN PERCA DI MASA PANDEMI COVID 19. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN SKRIPSI ANNURUL BADRI-1681040011.pdf

Download (175kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam berkarya mozaik dari kain perca di masa pandemik covid 19 ditinjau dari aspek keterampilan memadukan beberapa kain, aspek kerapihan dalam menempel dan aspek komposisi , jenis penelitian ini adalah evaluatif menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Sasaran penelitian ini adalah karya peserta didik kelas IV berjumlah 20 karya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi, dan tes kinerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kemampuan peserta didik kelas IV SD Negeri 12 Kabupaten Pinrang dalam berkarya mozaik dari kain perca di masa pandemic covid 19 dikategorikan cukup. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil penilaian terhadap karya mozaik peserta dari kain perca peserta didik dengan (55%) mendapatkan nilai 60-73 (kategori cukup), yang mendapatkan nilai ≤ 60 (kategori perlu bimbingan) dengan presentase (15%), peserta didik yang mendapatkan nilai 74-87 (kategori baik) dengan presentase (25%), dan peserta didik dengan presentase (5%) mendapatkan nilai 88-100 kategori (kategori sangat baik). Ditinjau dari ketiga Aspek sebagai berikut: kemampuan peserta didik kelas IV dalam berkarya mozaik dari kain perca ditinjau dari keterampilan memadukan beberapa kain mendapatkan nilai 60-73 (kategori cukup), terbukti pada perolehan nilai akhir yang dicapai 11 peserta didik (55%). Ditinjau dari aspek kerapihan dalam menempel jumlah peserta didik dalam kategori baik dan kategori perlu bimbingan sama- sama berjumlah 7 peserta didik (35%). Ditinjau dari komposisi dikatakan cukup, yakni 8 jumlah peserta didik mendapatkan nilai 60-73(kategori cukup), rata –rata nilai peserta didik dapat mencapai nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya di kelas IV yaitu 60, hingga hasil akhir pada proses berkarya mozaik dari kain perca menunjukkan bahwa sebanyak 17 peserta didik mencapai ketuntasan dan 3 peserta didik yang tidak mencapai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:58
Last Modified: 26 Mar 2021 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18497

Actions (login required)

View Item View Item