PERANCANGAN MODUL TUTORIAL PEMBUATAN MOTIF BATIK SECARA DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI JURUSAN KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 7 AMBON

Huliselan,, Laksmi R (2020) PERANCANGAN MODUL TUTORIAL PEMBUATAN MOTIF BATIK SECARA DIGITAL UNTUK SISWA KELAS XI JURUSAN KRIYA TEKSTIL SMK NEGERI 7 AMBON. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
ARTIKEL HASIL PENELITIAN.pdf

Download (245kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk merancang modul pembelajaran tentang tutorial pembuatan motif batik menggunakan aplikasi Coreldraw X7. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) yang meliputi 4 tahap yaitu: pendefinisian (define), Perancangan (design), pengembangan (develop)dan penyebaran (disemminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan (develop) karena keterbatasan dana, waktu dan tenaga. Instrument penilaian yang digunakan dalam penelitian ini beurpa angket validasi materi dan angket validasi media. Hasil perancangan modul pembelajaran diketahui bahwa: (1) modul pembelajaran yang dikembangkan layak untuk diproduksi. (2) Kelayakan produk menurut ahli materi termasuk kriteria “sangat layak” baik dari aspek kualitas materi maupun aspek kemanfaatan materi. (3) kelayakan produk menurut ahli media baik dari aspek kualitas media dan aspek penggunaan bahasa termasuk kriteri “sangat layak”, sedangkan untuk aspek layout media termasuk kriteria “layak”. Dengan demikian berdasarkan hasil penilaian yang diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran tutorial pembuatan motif batik menggunakan aplikasi Coreldraw X7 layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan seni Rupa
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:58
Last Modified: 26 Mar 2021 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18496

Actions (login required)

View Item View Item