MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR TERHADAP TARI KREASI ANIDA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMKN 6 PANGKEP

ASTARI, ANDI TENRI JULI (2020) MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR TERHADAP TARI KREASI ANIDA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PADA SISWA SMKN 6 PANGKEP. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL ANDI TENRI.pdf

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang (1)Bagaimana proses kegiatan ekstrakurikuler seni yang dapat meningkatkan minat belajar terhadap tari kreasi anida pada siswa SMKN 6 Pangkep dan (2)Bagaimana perkembangan minat belajar terhadap tari kreasi anida setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler seni pada siswa SMKN 6 Pangkep. Metode yang digunakan adalah metode Kualitatif yaitu gambaran objek penelitian secara langsung dan dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka, wawancara, observasi,tes dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Perkembangan minat belajar siswa terhadap tari kreasi anida melalui kegiatan ekstrakurikuler seni dimulai dari ; Tahap persiapan, dimana pada tahap ini ada beberapa hal yang dilakukan antara lain, merumuskan tujuan yang harus dicapai oleh siswa, menentukan dengan jelas materi tari yang akan diajarkan, menyesuaikan gerak dengan musik iringan tari, menentukan teknik yang baik agar menghindari kesalahan dan melakukan kegiatan sebelum materi yang diajarkan selesai. Kemudian Tahap pelaksanaan, seperti memulai latihan dengan hal – hal yang sederhana dulu , menyampaikan materi – materi ,serta menayangkan video - video materi ajar yaitu tari mallettu kopi dan tari kreasi anida menggunakan LCD, Menciptakan suasana yang menyenangkan agar siswa mudah memahami tarian dengan teknik yang baik, langkah mengakhiri dimana apabila latihan sudah selesai,maka peneliti terus memberikan motivasi agar siswa rajin dalam melakukan latihan. Selanjutnya penutup yaitu melaksanakan perbaikan terhadap kesalahan – kesalahan yang dilakukan oleh siswa dan memberikan latihan teknik dasar.(2) Partisipasi siswa pada saat kegiatan berlangsung sangat baik dapat dilihat dari antusias siswa dalam menanyakan mengenai materi tari yang kurang dipahami oleh siswa, baik itu mengenai gerak, penyesuaian music dengan gerak tari, bentuk, serta peenggunaan properti dalam tari yang diajarkan. Bahkan ada beberapa siswa yang menanyakan poa lantai yang telah mereka buat dengan kelompoknya apakah sudah baik atau belum. Antusias siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tari dapat memberikan kesimpulan bahwa Siswa SMKN 6 Pangkep telah memberikan respon positif terhadap perkembangan minat belajar siswa tersebut dalam mempelajari Tari Kreasi Anida melalui kegiatan Ekstrakurikuler. Perkembangan minat belajar terhadap tari kreasi anida setelah megikuti kegiatan ekstrakurikuler seni dapat dilihat dari nilai hasil angket dan pemberian tes akhir pada siklus I dan siklus II. Nilai rata – rata yang diperoleh siswa pada siklus I yakni 70% . selanjutnya hasil perkembangan minat belajar siswa terhadap tari kreasi pada siklus II dengan nilai rata – rata yang diperoleh pada siklus II yaitu 90%

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:58
Last Modified: 26 Mar 2021 05:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18495

Actions (login required)

View Item View Item