PEMBELAJARAN TARI KREASI COLOR GUARD UNTUK MENINGKATKAN “KECERDASAN” PSIKOMOTORIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SENI PADA SISWA SMP NEGERI 23 MAKASSAR

Angreni, Hasfiati (2020) PEMBELAJARAN TARI KREASI COLOR GUARD UNTUK MENINGKATKAN “KECERDASAN” PSIKOMOTORIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKULIKULER SENI PADA SISWA SMP NEGERI 23 MAKASSAR. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
jurnal pia.pdf

Download (873kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mendeskripsikan penerapan Tari Kreasi Color Guard dalam kegiatan ekstrakulikuler seni yang dapat meningkatkan kecerdasan psikomotorik siswa SMP Negeri 23 Makassar (2) tingkat kecerdasan psikomotorik setelah mengikuti pembelajaran Tari Kreasi Color Guard dalam kegiatan ekstrakulikuler pada siswa SMP Negeri 23 Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan (Action Research). Data dikumpulkan dengan metode wawancara, observasi, dokumentasi dan tes kinerja. Analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian : (1) proses penerapan Tari Kreasi Color Gurad melalui 2 siklus, siklus pertama dilakukan dengan 4 x tatap muka, begitu juga dengan siklus kedua. Setiap pertemuan berlangsung selama kurang lebih 1-3 jam. Pada akhir pertemuan siklus pertama ini, peneliti memberikan tugas kepada masing–masing siswa untuk berlatih sendiri di rumah masing–masing. Proses evaluasi siklus I dilakukan sebanyak 4 x dengan system rolling. Urutan posisi atau tempat pada proses evaluasi di atur sesuai dengan urutan absen yaitu dari urutan 1- 14. Urutan 1 -4 menepati posisi paling depan, baris kedua urutan 5-8, barisan ketiga 8-12, dan barisan keempat 12-14. Sama dengan siklus pertama, siklus kedua juga dilakukan dengan 4 x tatap muka dengan waktu kurang lebih 1-3 jam. pertemuan ini dilakukan setiap hari senin dan jumat. Pada siklus kedua ini siswa di bagi kelompok untuk berlatih bersama di luar dari jadwal pertemuan pada proses Pembelajaran Tari Kreasi Color Guard. Proses evaluasi siklus II dilakukan sebanyak 4 x dengan system rolling. Urutan posisi pada siklus II ini dimulai dari urutan 14-1. Barisan pertama urutan 14-11, barisan kedua 10-7, barisan ketiga 6-3 dan barisan keempat 2-1. Proses evaluasi berlangsung selama kurang lebih 1-2 jam. (2) Pembelajaran Tari Kreasi Color Guard menunjukkan bahwa tingkat kecerdasan psikomotorik siswa meningkat setelah dilakukan. Pembelajaran Tari Kreasi Color Guard di SMP Negeri 23 Makassar memberikan hasil yang memuaskan. Hasil evaluasi dari prasiklus ratarata siswa hanya memperoleh nilai 45-60 bisa dikatan menempati predikat D. Selanjutnya siklus I, perkembangan kecerdasan psikomotorik siswa mulai terlihat, rata- rata siswa memperoleh nilai 70-75 yang menempati predikat B. Kemudian siklus II, kecerdasan psikomotori siswa meningkat dan memenuhi standar kkm, ratarata siswa memperoleh nilai 80-95 yang menempati predikat B+ dan A. Berdasarkan hasil penelitian yang di dapatkan, kecerdasan psikomotorik siswa dalam menari meningkat setelah dilakukan proses Pembelajaran Tari Kreasi Color Guard. vii

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 26 Mar 2021 05:57
Last Modified: 26 Mar 2021 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18488

Actions (login required)

View Item View Item