EFEKTIVITAS PEMBERIAN IZIN PERTAMBANGAN DI DINAS PENANMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROPINSI SULAWESI SELATAN (STUDI KABUPATEN GOWA)

RAHMAN, NUR WAHYUNI (2020) EFEKTIVITAS PEMBERIAN IZIN PERTAMBANGAN DI DINAS PENANMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU PROPINSI SULAWESI SELATAN (STUDI KABUPATEN GOWA). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
JURNAL Nur Wahyuni Rahman, S.Pd (1).pdf

Download (322kB)

Abstract

NUR WAHYUNI RAHMAN. 2020. Efektivitas Pemberian Izin Pertambangan Di Dinas Penanman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Propinsi Sulawesi Selatan (Studi Kabupaten Gowa). Skirspi. Fakultas Ilmu Sosial. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui mekanisme perizinan pertambangan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sulawesi Selatan (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang mempengaruhi penerbitan suatu izin tambang yang diajukan oleh masyarakat di Kabupaten Gowa.. (3) Untuk mengetahui efektifitas pemberian izin usaha pertambangan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Propinsi Sulawesi Selatan di Kabupaten Gowa. Untuk mencapai tujuan tersebut maka peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif, sumber data primer yaitu informan. Data sekunder yaitu dokumen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Mekanisme pengajuan izin usaha pertambangan oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu yaitu : (a) Persyaratan Administrasi, (b) Persyaratan Teknis, (c) Persyaratan Lingkungan, dan (d) Persyaratan Finansial. (2) Faktor- faktor yang mempengaruhi penerbitan suatu izin tambang yang diajukan oleh masyarakat terhadap Pemerintah Daerah yaitu jangka waktu penerbitan izin usaha pertambangan, mekanisme penerbitan izin usaha pertambangan dan syarat-syarat pengajuan izin usaha pertambangan. (3) Pemberian izin usaha pertambangan di DPMPTSP sudah efektif dibuktikan dari tiga indikator yaitu sasaran, tujuan, dan waktu. Kata Kunci: Efektivitas, Pertambangan, Perizinan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Kewarganegaraan PPKn
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Nov 2020 05:53
Last Modified: 17 Nov 2020 05:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18482

Actions (login required)

View Item View Item