kompetensi kepribadian dan sosial calon guru BK

Sinring, Abdullah (2020) kompetensi kepribadian dan sosial calon guru BK. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jurnal Nur Afriany Syarifuddin.docx

Download (96kB)

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Gambaran tingkat kebutuhan Inventori Kompetensi calon guru BK 2) Mengembangkan inventori kompetensi calon guru BK yang valid, reliable dan praktis untuk digunakan bagi calon guru BK. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan melibatkan 20 orang calon guru BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Inventori kompetensi kepribadian sosial calon guru BK sebagai alat ukur sangat dibutuhkan oleh calon guru BK karena gambaran kebutuhan guru BK terhadap inventori masih membutuhkan pembaharuan dari segi bentuk, isi dan bidang permasalahan serta item pernyataan yang sesuai dengan kompetensi yang diukur dalam penilaian Ujian Kompetensi Guru (UKG). 2) Inventori kompetensi kepribadian sosial calon guru BK yang dikembangkan telah sesuai dengan tujuan ingin dicapai karena peneliti telah melalui langkah-langkah ujicoba dalam pengembangan inventori kompetensi kepribadian sosial calon guru BK. Berdasarkan hasil yang diperoleh yaitu nilai validitas instrument berada pada kriteria valid dan nilai uji reliabilitasnya berada pada kategori sangat reliable. Adapun pada uji kepraktisan oleh guru BK berada pada kriteria praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa inventori dengan jumlah 115 item pernyataan dinyatakan valid, reliable dan praktis sehingga dapat digunakan sebagai inventori kompetensi kepribadian sosial calon guru BK. Kata Kunci: Pengembangan, Inventori, Kompetensi Kepribadian dan Sosial, Calon Guru BK.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > BIMBINGAN DAN KONSELING - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: Pustakawan Amaluddin Zaihal
Date Deposited: 17 Nov 2020 04:35
Last Modified: 17 Nov 2020 04:35
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/18463

Actions (login required)

View Item View Item